Dukung Palestina dan Menentang Israel, Massa Kumail Aksi Damai

Probolinggo – Komite Umat Islam Anti Amerika dan Israel (Kumail) pada Jumat siang (13/10/23) menggelar aksi damai di depan kantor DPRD Kota Probolinggo. Aksi ini digelar untuk mendukung perlawanan rakyat Palestina dan menentang penjajahan Israel.

Aksi damai ini digelar pukul 13.30 WIB. Diawali dengan long march dari Alun-alun Kota Probolinggo, menuju depan Kantor DPRD Kota Probolinggo. Setibanya di titik aksi damai, dengan menggunakan atribut, serta tulisan puluhan masa Kumail kemudian melakukan orasi.

Orasi tersebut di antarnya mendukung perjuangan warga Palestina, serta mengutuk tindakan semena-mena Israel yang didukung Amerika Serikat terhadap warga Palestina.

“Jadi aksi yang kami gelar ini menyuarakan solidaritas kami terhadap apa yang terjadi kepada negara Palestina yang telah dijajah bahkan ketika warga Palestina menuntut haknya, mereka dicap sebagai teroris,” ujar Koordinator Wilayah Kumail Probolinggo Raya, Ali Zainal Abidin.

Di sela-sela orasi, perwakilan Kumail kemudian bertemu dengan perwakilan Kepala Bagian Umum DPRD, untuk menyerahkan pernyataan sikap. Di antarnya, mengucapkan selamat kepada umat Islam dan seluruh pejuang keadilan sejagat raya atas keberhasilan pejuang Palestina dalam mengusir penjajah.

Menganggap penjajah zionis dan pendukungnya khususnya Amerika Serikat sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam menyulut eskalasi di kawasan dan kemungkinan timbulnya perang.

Mengimbau kepada seluruh umat Islam dan para pejuang keadilan seluruh dunia untuk aktif mendukung perjuangan dan kemerdekaan rakyat Palestina.

“Dengan diserahkannya pernyataan sikap ke DPRD, kami berharap berakhirnya penjajahan Israel terhadap Palestina, baik dari segi kemanusiaan, maupun dari segi yang lain,” imbuhnya.

Sementara, Kabag Umum DPRD Kota Probolinggo, Agus Litanta mengatakan, pernyataan sikap yang diberikan kepada DPRD yakni menentang serangan Israel serta mendukung Palestina agar dapat bebas dari penjajahan.

Baca Juga  Habiskan Rp 40 Juta, Sumur Warga Sumberkare Belum Keluarkan Air

“Pernyataan sikap tertulis tersebut tadi kami terima, kemudian akan kami serahkan kepada Ketua DPRD untuk nantinya akan menyikapi pernyataan sikap tersebut,” ujarnya.

Aksi damai Kumail yang digelar di depan Kantor DPRD Kota Probolinggo diakhiri dengan doa bersama, kemudian masa aksi membubarkan diri. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Kurang dari 2 Jam, Gunung Semeru Erupsi Empat Kali

Lumajang,- Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, alami empat kali erupsi, Senin (13/5/24/) dinihari. …