SIDAK: Pj Bupati Lumajang blusukan ke pasar tradisional untuk memantau pergerakan harga beras. (foto: Asmadi)

Stabilkan Harga Beras, Pj. Bupati Lumajang Sidak Pasar Tradisional

Lumajang,- Untuk memastikan harga beras stabil dan pasokan aman, Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Yosowilangun, Rabu (11/10/2023) pagi.

Sesampainya di pasar tradisional itu, Indah langsung menuju ke lapak pedagang beras untuk mengecek harga dan ketersediaan bahan pokok. “Kami ingin memastikan harga beras di Pasar Yosowilangun aman dan stabil,” ungkapnya.

Dari sidak itu, diketahui harga beras kualitas medium di Pasar Yosowilangun sejatinya tidak berbeda jauh dengan harga yang sudah ditetapkan oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas).

“Pedagang hanya mengambil hasil antara Rp. 500 paling tinggi. Permasalahan ada di ongkos angkut, tetapi untuk beras premium memang ada beberapa yang harganya sudah di bawah Rp. 14.000. Jadi, sudah ada penurunan, termasuk harga di Bulog,” katanya.

Wanita berhijab itu meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Lumajang untuk terus mengintervensi pasar dengan rajin melakukan monitoring, mengingat dalam waktu dekat sudah memasuki musim panen.

Ia memastikan, Pemerintah Kabupaten Lumajang akan tetap berupaya agar harga beras tetap stabil. Fenomena yang dikhawatirkan, harga beras anjlok ketika memasuki musim panen.

“Antisipasi kita terus melakukan operasi pasar dan intervensi ke pengecer-pengecer lewat Perum Bulog melalui program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) agar harga tetap stabil,” ujarnya. (*)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Kabar Baik! Angka Kemiskinan di Kabupaten Lumajang Turun

Baca Juga

Anggaran Dipangkas, Sejumlah Proyek di Kota Probolinggo Berpotensi Gagal

Probolinggo,- Perubahan alokasi anggaran di Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo membuat sejumlah proyek pembangunan diprediksi gagal. …