Vaksinasi PMK dan LSD Berlanjut, Harga Sapi di Pasar Hewan Kembali Normal

Probolinggo – Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Peternakan (DPKPP) Kota Probolinggo terus melakukan vaksinasi PMK dan LSD. Sisi lain, harga sapi di Kota Probolinggo sudah normal.

Selain terus melakukan vaksinasi PMK, DPKPP Kota Probolinggo terus melakukan vaksinasi LSD. Vaksinasi dilakukan door to door atau dengan mendatangi pemilik sapi di rumahnya.

Upaya vaksinasi door to door ini sudah dilakukan oleh DPKPP pasca adanya temuan sapi yang terpapar PMK. Kemudian dilanjutkan dengan vaksinasi LSD, yang sempat menyerang sejumlah sapi di Kota Probolinggo.

Kasi Keswan dan Kesmavet DPKPP Kota Probolinggo, drh. Vaiga Miriami mengatakan, DPKPP hingga saat ini terus melakukan vaksinasi, yang mana separo populasi sapi di Kota Probolinggo sudah divaksin LSD.

“Jadi untuk vaksinasi LSD sudah sekitar 50% dari populasi sapi yang ada di Kota Probolinggo. Jumlah sapi yang sudah divaksin merata di lima kecamatan,” ujarnya.

Sementara, Kabid Peternakan DPKPP, Suryanto mengatakan, saat ini di Kota Probolinggo sudah tidak ada kasus PMK maupun LSD. Sehingga dengan kondisi ini harga sapi di Pasar Hewan Wonoasih sudah kembali normal.

“Jadi untuk harga sapi di Pasar Hewan Wonoasih sudah normal, di mana sapi anakan kisaran Rp8 hingga Rp10 juta. Sapi bakalan Rp12 hingga Rp14 juta dan sapi siap potong Rp20 hingga 25 juta, tergantung jenis dan bobot sapi,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Pasca Kunker, Gubernur Khofifah Terpapar Covid-19

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …