UNIK: Tiga peserta Pilkades di Desa Wonojati, Gondang Wetan, Pasuruan, yang masih memiliki hubungan kekeluargaan. (foto: Moh. Rois)

Unik! Pasutri ‘Tarung’ dengan Paman di Pilkades Wonojati Pasuruan

Pasuruan,- Fenomena unik terjadi dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Wonojati, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan, Selasa (10/10/2023). Pasangan suami-istri masing-masing maju sebagai Calon Kades bersaing dengan pamannya sendiri.

Pasangan suami-istri yang mencalonkan diri sebagai Calon Kepala Desa (Cakades) itu adalah Junaidi dan Ita Indrayani. Keduanya mengantongi nomor urut 2 dan 3.

Sedangkan satu cakades lainnya adalah paman Junaidi, Suharto, berada di nomor urut 1. Total, cakades di Desa Wonojati berjumlah 3 orang.

Panitia Pilkades Desa Wonojati, Mochammad Rofi’i, menyebut bahwa ketiga calon memiliki hubungan keluarga dekat. Junaidi dan Ita adalah suami istri, sedangkan Suharto adalah adik dari ibu Junaidi.

“Ini merupakan kali pertama dalam sejarah Pilkades Desa Wonojati, dimana tiga calon berasal dari satu keluarga. Kalau periode sebelumnya, Pak Junaidi bersaing dengan warga lain,” ujar Rofi’i.

Rofi’i menjelaskan bahwa Junaidi dan Ita adalah petahana dalam Pilkades Desa Wonojati tahun 2023. Sementara Suharto adalah pendatang baru dalam kontestasi ini.

Meski persaingan dalam keluarga ini menjadi sorotan, Rofi’i memastikan bahwa suasana Pilkades berlangsung kondusif dan adil.

“Desa Wonojati memiliki total 2.154 warga yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan pemungutan suara akan dilakukan di 5 Tempat Pemungutan Suara (TPS),” jelas Rofi’i.

Sebagai informasi, hari ini pilkades serentak tahun 2023 digelar di 47 desa di 20 kecamatan se Kabupaten Pasuruan. Ribuan personil gabungan TNI-Polri dan Pol PP telah disiagakan untuk menjaga keamanan dan ketertiban pilkades. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Pemilu 2024, KPU Kota Probolinggo Terima 3.355 Unit Kotak Suara

Baca Juga

Sengketa Pilpres Usai, KPU Kab. Probolinggo Tunggu Rilis Hasil Pileg

Probolinggo,- Adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa pemilihan presiden dan wakil presiden, membuat Perselisihan …