Foto: Ilustrasi musim hujan.

Lima Kecamatan di Pasuruan ini, Diprediksi Bakal Awali Musim Hujan

Pasuruan,- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim kemarau akan berakhir di sebagian besar wilayah Indonesia mulai akhir Oktober ini. Sementara awal musim hujan secara bertahap, dimulai awal November 2023.

Namun, BMKG juga mencatat bahwa meskipun awal musim hujan segera tiba, tidak semua wilayah di Indonesia akan merasakan hujan pada bulan November.

Di wilayah Pasuruan, misalnya, terdapat lima kecamatan yang diprediksi akan turun hujan pada bulan tersebut. Kelima kecamatan itu adalah Kecamatan Gempol, Prigen, Purwosari, Purwodadi, dan Tutur.

“Kecamatan lain di Kabupaten Pasuruan maupun Kota Pasuruan diprediksi akan turun hujan pada Bulan Desember 2023 nanti,” ujar Suwarto, Koordinator Observasi dan Informasi BMKG Tretes kepada PANTURA7.com, Rabu (4/10/2023).

Suwarto menjelaskan bahwa prediksi ini didasarkan pada beberapa faktor, termasuk geografi dan topografi (ketinggian) wilayah.

“Lima kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang diprediksi akan lebih awal turun hujan merupakan wilayah dataran tinggi, sehingga akan turun hujan terlebih dahulu dibandingkan dengan kecamatan lain di wilayah Pasuruan,” jelasnya. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Rusak Lingkungan, Warga Ancam Tutup Paksa Galian C di Maron

Baca Juga

Bakal jadi Kantor Baru KPU, Eks-TPS Kraksaan Wetan Segera Dibongkar

Probolinggo,- Tumpukan sampah di lokasi eks-Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, …