SOSIALISASI: KPU Lumajang sajikan Kirab Bendera, Reog Ponorogo dan Musik Patrol sebagai sarana sosialisasi Pemilu 2024. (foto: Asmadi)

Reog Ponorogo Sosialisasikan Pemilu 2024 di Lumajang

Lumajang,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang menggelar Kirab Bendera dan pertunjukan Reog Ponorogo, Jum’at (29/9/2023) siang. Kirab yang di Alun-alun Lumajang ini digelar untuk sosialisasikan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Dalam Kirab Bendera itu, KPU Lumajang juga menghadirkan musik patrol dan kesenian Reog Ponorogo untuk menyambut kedatangan Kirab Bendera dari Kabupaten Jember.

Ketua KPU Lumajang Yuyun Baharita mengatakan, sebelum masuk ke Lumajang, 18 bendera partai politik (parpol) itu telah diarak di beberapa wilayah di Jawa Timur.

“Dari awal masuk ke Jawa Timur, dimulai dari Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Jember dan sekarang Kabupaten Lumajang,” kata Yuyun.

Dikatakan Yuyun, tujuan dari kirab bendera adalah sebagai upaya penyebarluasan informasi terkait dengan penyelenggaraan pemilu pada tanggal 14 Februari tahun depan.

“Harapannya, masyarakat lebih tahu dan angka partisipasi masyarakat bisa semakin meningkat,” ujarnya.

Yuyun menyebut, dalam kirab tersebut banyak ditekankan sosialisasi hari pemungutan suara. Edukasi pemilihan juga diberikan pada masyarakat agar para pemilih dapat menyalurkan hak pilihnya dengan baik dan benar.

“Perbedaan pilihan itu wajar, tapi jangan sampai terjadi disharmonisasi sosial agar proses Pemilu 2024 damai dan nyaman,” jelasnya.

Terkait pertunjukan kesenian yang ditampilkan, Yuyun menyampaikan, memang sengaja menggunakan kesenian lokal demi menjaga tradisi dan budaya tanah air.

“Agar lebih menarik masyarakat dan lebih dekat dengan kebudayaan masyarakat Kabupaten Lumajang. Meski disibukan dengan Pemilu, kita jangan sampai melupakan seni dan tradisi kita sendiri,” pungkasnya. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Genjot Produktifitas Sapi Potong lewat Artificial Inseminasi Buatan, DKPP Lumajang Dapat Penghargaan

Baca Juga

Pj Bupati Probolinggo: Belum Ada Laporan ASN Bermedsos Politik

Probolinggo – Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menggunakan media sosial (medsos) menjadi salah satu …