DILANTIK: Prosesi pelantikan pengurus Mappilu PWI Probolinggo Raya oleh Ketua Mappilu PWI Jatim. (foto: Ali Ya'lu)

Perkuat Pengawasan Pemilu, Mappilu PWI Probolinggo Raya Dilantik

Probolinggo,- Songsong Pemilu 2024, pengurus Masyarakat Pers Pemantau Pemilu (Mappilu) PWI Probolinggo Raya dilantik. Pelantikan dilakukan di Aula Paiton Resort Hotel 2, Desa Bhinor, Paiton, Probolinggo, Kamis (14/923) pagi.

Pengurus Mappilu PWI Probolinggo Raya berasal dari sejumlah pegiat pers yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Probolinggo. Mereka berasal dari media cetak, siber hingga elektronik, yang bertugas di wilayah Probolinggo.

Posesi pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua Mappilu PWI Provinsi Jawa Timur, Machmud Suhermono. Pelantikan pengurus Mappilu PWI Probolinggo Raya dihadiri Bawaslu dan KPU Kabupaten Probolinggo.

Ketua Mappilu PWI Provinsi Jawa Timur, Machmud Suhermono menyampaikan, keberadaan pers dalam penyelenggaraan pemilu sangat krusial. Sebab menururnya, pers mampu secara langsung menyampaikan informasi dan perkembangan Pemilu.

Oleh karenanya, Mappilu kemudian dibentuk dan mulai ikut berkontribusi dalam penyelenggaran Pemilu sejak tahun 2009, 2013, dan 2019. Machmud berharap dengan terbentuknya Mappilu PWI Probolinggo Raya, kedepan bisa turut serta mensukseskan Pemilu 2024.

“Keunggulan kita, bisa langsung mempublikasikan hasil pemantauan ke publik. Untuk itu, peran media saat ini harus menjadi sarana informasi, pendidikan, hiburan, kontrol sosial dan klarifikator,” kata Machmud.

Dalam kesempatan itu, juga dilaunching slogan Mappilu, yaitu Siapplu. Merupakan akronim dari Siap Awasi dan Pantau Pemilu.

“Kami minta Mappilu Probolinggo Raya segera action,” kata Ketua PWI Probolinggo Raya, HA Suyuti.

Ketua Mappilu PWI Probolinggo Raya, Ahmad Faisol menyebut, melalui Siaplu pihaknya akan terlibat dalam pengawasan pemilu, termasuk merekrut aktivis dan akademisi sebagai anggota Mappilu.

“Kita juga segera mendaftarkan Mappilu sebagai pemantau ke Bawaslu Kota dan Kabupaten Probolinggo,” jelas Faisol.

Keunggulan Mappilu, imbuh Faisol, selain pemantau juga merupakan wartawan yang bertugas mengangkat pemberitaan agar pemilu berlangsung jurdil. “Sehingg bisa menghasilkan wakil rakyat dan pemimpin berkualitas,” tambahnya.

Baca Juga  Pindah Penduduk dan Covid-19, DPT Kabupaten Probolinggo Berkurang 5.000 Lebih

Berikut susunan struktur Mappilu PWI Probolinggo Raya masa bakti 2022-2025; 

Penanggung Jawab : HA Suyuti (Harian Radar Bromo), H. Ikhsan Mahmudi (Ngopibareng.id).

Ketua : Achmad Faisol (Harian Duta Masyarakat)

Sekretaris : Babul Arifandhie (Kompas TV)

Bendahara : Tri Amelia Subandi (Tadatodays.com)

Divisi Pemantauan : Edi Sunarko (Suara Media Nasional), H. Ahmad Taufiq (Aulanews.id), Ahmad Hadari Ashyari (Portal Indonesia.com).

Divisi Pendidikan, Pelatihan, Sosialisasi : Lutfi Hidayat (TV9), Sundari Adi Wardana (Wartabromo.com).

Divisi Informasi Publikasi : Arif Mashudi (Radar Bromo), Zulkiflie (JatimNet.com).

Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum : Achmad Arianto (Radar Bromo), M. Hisbullah Huda (Memo X), Choirul Umam Masduqi (Pantura7.com). (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Eks Kajari Pasuruan Daftar Cabup lewat PKB, Siap Saingi Dion-Gus Mujib

Pasuruan,- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah membuka pendaftaran bakal calon kepala daerah di seluruh Indonesia …