APK-BK Rusak, Caleg Demokrat Lapor Bawaslu

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Calon legislatif (Caleg) dari Partai Demokrat, Noval Yulianto, mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo, Senin (18/3/2019) siang.

Kedatangan Noval untuk melaporkan pengrusakan Alat Peraga Kampanye  (APK) dan Bahan Kampanye (BK) bergambar dirinya, yang diduga dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Noval bersikukuh kerusakan itu bukan karena faktor alam.

“Karena APK-BK yang rusak itu tidak berada di tempat terbuka, seperti di sawah. Tetapi sebagian besar berada di pemukiman penduduk,” kata Noval usai bertemu Bawaslu.

Salah satu APK yang rusak. (Foto : Istimewa)

Menurut Noval, kerusakan APK-BK miliknya sangat janggal. Salah satu contohnya, tutur Noval, ada APK-BK yang sobek akibat seperti sabetan benda tajam. “Kalau karena faktor alam, tidak mungkin rusaknya parah, ini sangat jelas dan rapi,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Fathul Qorib menyatakan, laporan tersebut merupakan bentuk koordinasi pra-pengaduan. Selanjutnya, Qorib meminta agar pelapor juga mengirimkan surat pengaduan secara tertulis.

“Kami terima. Namun selanjutnya harus mengirim surat secara tertulis dan juga disertakan dengan bukti-bukti seperti foto APK-BK yang diduga dirusak oleh oknum tidak bertanggung jawab,” ujar Qorib.

Sejauh ini pihaknya, terang Qorib, belum bisa berbuat apa-apa hingga pelapor mengirimkan surat secara tertulis.”Untuk saat ini kami hanya berkoordinasi saja. Nanti kalau pelapor sudah mengirimkan surat secara tertulis, maka akan kami tindaklanjuti,” tandasnya. (*)

 

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Nyaris Ambruk, Rumah Korban Gempa di Pakuniran Direnovasi

Baca Juga

Bangun Koalisi Gajah, 8 Partai Non Parlemen Merapat ke Gus Haris

Probolinggo,- Gelombang dukungan untuk dr. Muhammad Haris Damanhuri atau Gus Haris menjelang Pemilihan Kepala Daerah …