Karhutla, Jalur Lumajang-Malang via Ranupani Ditutup

Lumajang, – Akibat meluasnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lumajang menutup jalur alternatif Lumajang – Malang via Ranupani. Langkah itu dilakukan lantaran di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terjadi kebakaran yang meluas hingga perbatasan Malang-Lumajang.

Kasatlantas Polres Lumajang, AKP Radyati Putri Pradini mengatakan, penutupan jalur alternatif tersebut sudah diberlakukan sejak Minggu (10/9/2023). Menurutnya, penutupan tersebut dilakukan guna mempermudah para petugas pemadam kebakaran. Sehingga, para petugas dengan leluasa bisa melakukan aktivitas pemadaman kebakaran yang terjadi dikawasan TNBTS.

“Kalau penutupannya sudah dilakukan sejak Minggu malam, tepatnya pada jam 19.00 WIB. Jalur Ranupani kami tutup setelah mendapatkan informasi dari petugas yang ada di TNBTS, untuk menutup jalur alternatif, karena kebakarannya semakin meluas,” kata Radyati, Senin (11/9/2023).

Sementara, untuk menuju Kabupaten Malang, kasat lantas menyarankan pengguna jalan melewati jalur lain. Dianjurkan agar warga yang mau ke Kabupaten Malang bisa melewati tiga jalur di arah selatan.

“Jalur yang dimaksud adalah via Kecamatan Tempursari, via Kecamatan Pronojiwo, dan jalur utama via Probolinggo,” jelasnya.

Saat ditanya soal kapan dibuka jalur tersebut, Radya masih belum mengetahui. Sebab, hingga saat ini, api belum belum bisa dipadamkan.

“Untuk kapan dibukanya jalur alternatif Ranupani, kami masih belum tahu sampai kapan. Nanti akan kami sampaikan perkembangannya,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Rem Blong, Dump Truk Sasar Tiang Jalan

Baca Juga

Rombongan Moge Kecelakaan di Jalur Pantura Sumberasih, Pasutri Tewas

Probolinggo,- Kecelakaan beruntun yang melibatkan lima kendaraan terjadi di jalur pantura, Desa Banjarsari, Kecamatan Sumberasih, …