Selama 24 Jam, Gunung Semeru Alami 49 Letusan

Lumajang, – Aktivitas Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang kembali meluncurkan dua kali Awan Panas Guguran (APG). Berdasarkan informasi yang didapat PANTURA7.com, arah luncuran APG mengarah ke kiri (arah Desa Pasrujambe).

Meski mengarah ke Desa Pasrujambe, luncuran APG lebih banyak mengarah ke Curahkobokan, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Berdasarkan informasi dari petugas Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Semeru di Gunung Sawur, Mukdas Sofian, pertama kali terjadinya APG terdeteksi oleh seismograf milik Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Minggu (10/9) pukul 22.46 WIB.

Mukdas menambahkan, APG yang terjadi Minggu malam memiliki durasi 281 detik dengan amplitudo maksimal 22 milimeter.

Bahkan, kata Mukada, Senin (11/9/2023) tepatnya jam 00.24 WIB, APG kembali terekam seismograf dengan amplitudo maksimal 22 milimeter dan berdurasi 143 detik. Meski begitu, dua kali jarak luncur APG tidak dapat direkam oleh kamera CCTV petugas PPGA, lantaran pada waktu itu kabut tebal menyelimuti gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

“Semalam memang telah terjadi APG dengan amplitudo maksimal 22 milimeter, dengan durasi 284 detik dan pada jam 00.24 berdurasi 143 detik,” ujarnya aat dihubungi melalui sambungan teleponnya.

Mukdas menyampaikan, dalam 24 jam terakhir, Gunung Semeru telah mengeluarkan letusan sebanyak 49 kali. Sehingga para pekerja tambang pasir diminta untuk terus berhati-hati dan waspada.

Menurut Sofian, sungai-sungai yang berhulu dari Sungai Besuk Sat, Besuk Kobokan, Besuk Bang, dan Besuk Kembar perlu diwaspadai. “Khususnya, bagi warga yang beraktivitas di sekitar sungai untuk menambang maupun warga yang tinggal dekat dengan sungai-sungai tersebut,” ujarnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Soal Limbah Mematikan, Polisi Sebut PG Lalai

Baca Juga

Empat Korban Laka KA Rejoso Dikebumikan, Warga Merasa Kehilangan

Pasuruan,- Kecelakaan maut merenggut nyawa 4 orang di perlintasan kereta api Desa Patuguran, Kecamatan Rejoso, …