MUTASI: Penandatanganan mutasi Pejabat Eselon II oleh Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko. (foto: Kominfo Kab. Probolinggo)

Gebrakan Bupati Timbul Tiga Hari Pasca Dilantik, Rombak 19 Pejabat Eselon II

Probolinggo,- Baru tiga hari sejak dilantik menjadi Bupati Probolinggo, Rabu (6/9/2023), HA. Timbul Prihanjoko melakukan mutasi besar-besaran bagi pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

Setidaknya, terdapat 19 eselon II yang diambil sumpah dan ditugaskan ditempat baru, Sabtu (9/9/2023). Pengambilan sumpah jabatan digelar di Pendopo Prasaja Ngesti Wibawa Rumah Dinas Bupati Probolinggo.

Belasan pejabat eselon II yang dimutasi diantaranya Tutug Edi Utomo dari Inspektur menjadi Asisten III atau bagian Administras Umum; dan Agus Mukson sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) menggantikan Kristina Ruliani.

Sedangkan Kristina Ruliani, dimutasi menjadi Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) menggantikan Dewi Korina. Lalu Dwijoko Nurjayadi, yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), kini menjadi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya).

Jabatan lama Dwijoko diamanahi kepada Dewi Korina. B Heri Sulistyanyo, kini diamanahi menjadi pengganti Hudan Syarifuddin sebagai Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). Jabatan lamamya sebagai Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra, dijabat oleh Santiyono.

Selanjutnya, Hudan Syarifuddin, kini menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana menggantikan dr. Anang Budi Joelijanto yang dimutasi menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker). Dr. Anang menggantikan Doddy Nur Baskoro yang didapuk menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol).

Taufik Alami yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) dipercaya memimpin Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUPP), jabatan lamanya kini diemban oleh Edy Suryanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Sementara Kepala DPMD, dijabat oleh Fathur Rozi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Disdikdaya.

Baca Juga  Jadi Calo SIM Palsu, Dua Sopir Dibekuk

Posisi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang selama ini dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) akhirnya secara defitif sudah terisi. OPD yang berkantor di jalan Imam Bonjol Kraksaan tersebut, kini dipimpin oleh dr. Mansur.

Kemudian M. Sjaiful Efendi yang sebelumnya ditugaskan menjadi Sekretaris DPRD, kini dipercaya menjadi Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda).

Untuk jabatan Sekretaris DPRD, posisi itu diberikan kepada Yulius Christian yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo).

Berlanjut kepada R. Oemar Sjarif kini ditugaskan menjadi Kepala Pelaksana Badna Penanggulangan Bencana Daerag (BPBD). Dan Kepala Satpol PP sebelumnya, Achmad Aruman, kini ditugas menjadi Kepala Dinas Perikanan.

Bupati Timbul menyebut, mutasi ini dilakukan agar terjadi peningkatan kinerja. Dengan mutasi dna dilantiknya sejumlah eselon II di posisi barunya, Timbul menegaskan, kinerja OPD harus meningkat, sebab esensi pelantikan bukan hanya pergantian orang, tetapi lebih pada peningkatan kualitas kerja.

“Saya minta seluruh pejabat yang dilantik ini bisa berkinerja baik untuk memberikan dampak besar terhadap peningkatan kinerja Perangkat Daerah,” kata Timbul. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …