Kondisi gedung kesenian yang hanya menyisakan finishing pembangunan.

Finishing Gedung Kesenian Kab. Probolinggo Dilanjut Mei

Probolinggo – Pembangunan gedung kesenian di Desa Sumberlele, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo sempat mangkrak. Padahal pembangunan gedung tersebut hanya menyisakan tahap akhir (finishing).

Pejabat Fungsional Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif pada Dinas Kepemudaan, Olah Raga, dan Pariwisata (Disporapar Kabupaten) Kabupaten Probolinggo, Musa mengatakan, pembangunan yang menyisakan finishing itu ditargetkan bisa dilanjutkan pada Mei mendatang. Sehingga, bangunan yang progresnya sudah mencapai 85 persen tersebut bisa segera tuntas.

“Menyisakan pengerjaan interior dalam gedung, pengecatan bangunan, dan sarana prasarana pendukung lainnya. Perencanaan tahun ini hanya finishing saja. Perkiraan Mei proyek pengerjaan sudah bisa jalan,” katanya, Rabu (5/4/2023).

Musa melanjutkan, alokasi anggaran untuk kelanjutan pembangunan gedung tersebut sebesar Rp600 juta. Jumlah tersebut lebih kecil daripada anggaran awal sebesar Rp800 juta. Sebab, Rp200 juta dari anggaran semula itu dikepras oleh Pemkab setempat guna mendukung kegiatan lainnya.

“Karena dikepras itulah, proyek finishing yang akan dikerjakan menyesuaikan dengan kondisi anggaran. Namun tidak boleh mengurangi kualitas bangunan yang sudah direncanakan,” paparnya.

Ia menyebut, dengan kondisi anggaran yang tetkepras itu, ada bagian bangunan yang tidak akan terpenuhi seperti rencana awal. Seperti halnya ornamen pada interior ruangan.

“Tentunya proyek pengerjaan juga disesuaikan. Misalkan di bagian interior akan ditambah ornamen, itu kami hilangkan. Walaupun demikian kami pastikan gedung sesuai dengan spesifikasi dan peruntukannya,” ujarnya.

Selanjutnya, ketika gedung tersebut sudah selesai digarap, pengelolaan dan pemanfaatannya akan diserahkan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikdaya) yang memiliki tugas mencakup bidang kebudayaan.

“Harapannya nanti secara bertahap, gedung kesenian ini bisa menjadi pusat kegiatan kesenian di Kabupaten Probolinggo,” ucapnya.
(*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Ada PMK 212, Jumlah RTLH Berkurang 300 Unit Lebih

Baca Juga

Bangun Ekonomi Inklusif Berkelanjutan, Pemkab Lumajang Buka Pelatihan Kerja Gratis

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), membuka pelatihan kerja untuk meningkatkan …