PERDANA: Tarian khas Probolinggo membuka Festival Tembakau yang digelar di Alun-alun Kraksaan. (foto: Ali Ya'lu)

Perdana di Probolinggo, Pejabat ‘Ngelinting Bareng’ dalam Festival Tembakau

Probolinggo,- Untuk pertama kalinya, acara Festival Tembakau digelar oleh Pemkab Probolinggo di Alun-alun Kota Kraksaan, Sabtu (9/8/2023) malam. Acara yang dipadati ribuan masyarakat itu, berlangsung meriah.

Dalam acara tersebut, sejumlah pejabat ngelinting bareng di panggung utama festival, yang berada tepat di seberang kantor Bupati Probolinggo, di Jl. Panglima Sudirman Kraksaan.

Sesi itu bertujuan untuk menunjukkan bahwa Kabupaten Probolinggo memiliki produksi tembakau yang bagus dan berkualitas. Selain itu, dalam momen itu juga ditampilkan tarian-tarian lokal.

“Probolinggo ini memiliki produk tembakau yang cukup tinggi setiap tahunnya dengan sembilan kecamatan yang menjadi sentra penghasil tembakau,” ungkap Santiono, Asisten I Pemkab Probolinggo dalam sambutannya.

Bahkan, dalam dua tahun terakhir, harga tembakau di Kabupaten Probolinggo terus melejit. Tahun ini bahkan sampai menembus harga Rp70 ribu per kilogram (kg).

Hal ini, menurutnya, merupakan bukti nyata bahwa tembakau di Kabupaten Probolinggo memiliki kualitas yang baik.

“Semoga acara seperti ini bisa menjadi even tahunan yang digelar untuk syukuran dan pestanya para petani tembakau daerah,” ungkap dia.

Even ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah melalui produktivitas tembakau yang berkualitas serta mampu menyerap tembakau petani secara maksimal. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Cari Kapal Hilang, Polair Sisir Perairan Madura

Baca Juga

Empat Korban Laka KA Rejoso Dikebumikan, Warga Merasa Kehilangan

Pasuruan,- Kecelakaan maut merenggut nyawa 4 orang di perlintasan kereta api Desa Patuguran, Kecamatan Rejoso, …