SOLID: Karang Taruna Kab. Lumajang saat menggelar rapat kerja beberapa waktu lalu. (foto: Asmadi)

Cetak Leader Entrepreneur, Karang Taruna Lumajang Seleksi Kepengurusan Tingkat Desa

Lumajang,- Karang Taruna Kabupaten Lumajang, melakukan seleksi calon pengurus Karang Taruna tingkat desa dan kelurahan. Langkah ini dilakukan agar pengurus yang terbentuk nanti, benar-benar mampu melahirkan inovasi dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

“Kita mendorong generasi muda yang tergabung dalam wadah Karang Taruna untuk lebih aktif melakukan aksi nyata, kerangka berfikir mulai sekarang harus diubah, tidak hanya sekedar melakukan kegiatan bersifat seremonial,” kata Ketua Panitia Seleksi Karang Taruna Lumajang, Robi Azis, Selasa (15/8/2023).

Seleksi Karang Taruna tingkat desa dan kelurahan, menurut Robi, penting dilakukan untuk mengetahui langsung peran pengusaha muda dalam organisasi agar menjadi leader sosial dan leader entrepreneur.

“Dalam seleksi ini, kami memberikan ruang pengurus Karang Taruna desa dan kelurahan mempresentasikan kegiatan yang sudah dilaksanakan selama beberapa tahun terakhir,” katanya.

“Menumbuhkan semangat kepekaan terkait permasalahan sosial, seperti rawan pangan, penanganan lansia, disabilitas dan lain sebagainya merupakan contoh leader sosial,” imbuhnya.

Semangat leader entrepreneur, disampaikan Robi, adalah pemuda pekerja keras yang mampu membaca peluang sehingga mampu bersaing di era globalisasi saat ini. Ia pandai menciptakan peluang usaha dan mampu menggerakkan Karang Taruna secara mandiri di daerah masing-masing.

“Saya berpesan kepada seluruh pengurus Karang Taruna, harus tetap semangat, menjaga kekompakan dalam berorganisasi, semangat untuk terus berkembang, berkarir, dalam rangka membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan permasalahan sosial yang ada di Kabupaten Lumajang,” ujarnya.

Dikatakan Robi, Karang Taruna merupakan organisasi sosial dan telah lama eksis di Indonesia, termasuk di Kabupaten Lumajang

Sebagai organisasi yang fokus dalam isu-isu sosial kemasyarakatan, Karang Taruna telah memberikan banyak manfaat dan berkontribusi dalam tatanan kehidupan masyarakat.

“Karang Taruna digerakkan oleh generasi muda yang memiliki kepedulian sosial. Karang Taruna bisa kokoh dan bertahan karena didukung pemerintah pusat pun daerah,” jelas dia.

Baca Juga  Pajak Pasir Lumajang Capai Rp18 M, Namun Masih Dibawah Target

Di Kabupaten Lumajang, sambungnya, salah satu bentuk dukungan pemerintah daerah adalah gelaran Karang Taruna Award 2023. “Karang Taruna award 2023 ini sudah yang ketiga kalinya,” ungkapnya.

Karang Taruna Award 2023 Kabupaten Lumajang dilaksanakan untuk memperingati Harlah Kartar ke 63 sekaligus memberikan apresiasi kepada Karang Taruna desa atas eksistensi, dan kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan selama ini. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Mohamad Rochim

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …