NTN Kabupaten Probolinggo Lampaui NTN Jawa Timur

NTN Kabupaten Probolinggo Lampaui NTN Jawa Timur

Probolinggo- Di tingkat Jawa Timur, Nilai Tukar Nelayan (NTN) Kabupaten Probolinggo terbilang cukup bagus. Bahkan, capaiannya lebih besar daripada NTN Provinsi Jawa Timur.

Kabid Bina Usaha Perikanan pada Dinas Perikanan (Diskan) setempat, M. Sigit Pujotomo mengatakan, NTN perbandingan indeks harga yang diterima nelayan dari hasil produksi terhadap indeks harga yang dibayar nelayan untuk produksi.

“NTN Kabupaten Probolinggo ada di angka 104, jadi bisa dibilang sejahtera,” katanya, Kamis (3/8/2023).

Sigit melanjutkan, ukuran kesejahteraan nelayan bisa dilihat dari nilai NTN. Jika NTN nya berada di bawah angka 100, maka nelayan akan mengalami kerugian.

“Patokannya di angka 100. Jika NTN 100, itu hanya balik modal. Artinya biaya produksi dan hasil produksi itu berimbang. Jika lebih dari 100, itu bagus,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri acara Petik Laut di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksana mengatakan, NTN Kabupaten Probolinggo memang terbilang bagus. Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim, NTN Jatim pada Juli 2023 naik 1,77 persen dari bulan sebelumnya menjadi 101,88.

“Nilai Tukar Nelayan Kabupaten Pronolinggo lebih tinggi daripada Nilai Tukar Nelayan Jatim. Artinya produksi ikan tangkap Probolinggo lebih besar dari Jatim,” kata mantan Menteri Sosial itu. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Gubernur Khofifah Santuni Keluarga Korban Banjir Bandang Gempol

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …