SELAMAT: Proses evakuasi pendaki Gunung Lemongan oleh Tim SAR dan BPBD Lumajang. (foto: Asmadi)

Alami Hipotermia, Pendaki asal Probolinggo Kolaps saat Mendaki Gunung Lemongan

Lumajang,- Kolaps lantaran diduga mengalami hipotermia (penurunan suhu tubuh secara drastis), seorang pendaki di Gunung Lemongan, Desa Papringan, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, terpaksa dievakuasi Tim SAR Gabungan.

Proses evakuasi pendaki berlangsung dramatis dan memakan waktu yang cukup lama. Korban yang awalnya berada di pos terakhir pendakian, berhasil dibawa turun ke kaki gunung.

Korban Fatoni (21), warga Kabupaten Probolinggo, sempat tak sadarkan diri saat berada di ketinggian 1.400 mdpl. Teman-temannya berhasil memberi pertolongan pertama kepada kepada korban sehingga nyawanya tertolong.

Salah satu teman Fatoni langsung melaporkan kejadian yang menimpa temannya ke Tim Search and Rescue (SAR) setempat dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang.

“Waktu itu saya mendapatkan laporan ada pendaki Gunung Lemongan yang mengalami hipotermia. Ketika itu pula kami langsung bergegas menerjunkan tim untuk melakukan evakuasi korban,” ujar Kabid Kedaruratan dan Rehabilitasi BPBD Lumajang Reza Aditya, Rabu (2/8/2023).

Setelah beberapa jam melakukan pendakian, Tim SAR BPBD Lumajang menemukan pendaki, dan langsung melakukan pemeriksaan kondisi korban.

“Karena kondisi korban menurun, Tim SAR BPBD Lumajang langsung mengevakuasi korban,” katanya.

Meski begitu, proses evakuasi berlangsung selama 10 jam. Proses itu terbilang sangat lama, lantaran jalan yang harus dilewati sangat terjal dan naik turun.

“Belum lagi harus menjaga kondisi korban agar tetap stabil,” tuturnya.

Korban dan 7 pendaki lainnya bisa dievakuasi di titik penjemputan pada Rabu dini hari sekitar pukul 01.30 WIB. Korban lantas dibawa ke puskesmas terdekat agar mendapat perawatan medis.

“Alhamdulilah untuk survivor sudah kita evakuasi dalam kondisi selamat dan kita bawa ke Puskesmas Klakah untuk mendapatkan perawatan medis,” kata Reza.

Sohibul Fatoni bersama 7 temannya diketahui mendaki Gunung Lemongan sejak Senin (31/7/23). Sebelum sampai di pos terakhir, rombongan ini sempat bermalam di pos guci. (*)

Baca Juga  Ada Fenomena Koyo di Ranu Klakah Lumajang, Apa Itu?

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Jembatan Hancur Diterjang Banjir Lahar Hujan, Warga Lumajang Bangun Jembatan Bambu

Lumajang,- Warga Dusun Tengir, Desa/Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, membangun jembatan alternatif dari bambu untuk memulihkan …