DIKEBUT: Proses pembersihan material longsor di Piket Nol Lumajang. (foto: Asmadi)

Membersihan Material Longsor di Piket Nol Lumajang Dikebut, 2 Alat Berat dan 1 Damkar Dikerahkan

Lumajang,- Dua alat berat dan satu unit mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dikerahkan untuk membersihkan material longsor di KM 59 perbukitan Piket Nol, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Sabtu (8/7/2023).

Pembersihan lumpur sisa longsor yang terjadi pada Jumat (7/7/2023) itu berlangsung hampir dua jam. Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, memimpin langsung normalisasi jalur penghubung Kabupaten Lumajang – Malang itu.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menjelaskan, pembersihan jalur Piket Nol menjadi prioritas utama. Tujuannya, untuk memudahkan akses antara Kecamatan Candipuro dan Pronojiwo, agar bisa segera dilalui oleh pengendra roda dua maupun empat.

“Karena acuaca hari ini sangat mendukung, kita langsung kerahkan petugas untuk memberbersihkan jalur Piket Nol,” kata Bupati Lumajang, yang kerap disapa Cak Thoriq di lokasi.

Selain mempercepat penanganan bencana dan distribusi logistik akibat banjir lahar di Kecamatan Pronojiwo, imbuh Thoriq, dibukanya jalur Piket Nol juga untuk mengurai kepadatan lalu lintas.

Pasalnya, ada banyak kendaraan angkutan barang yang hendak ke Malang terjebak akibat jembatan Kali Glidik di perbatasan Lumajang – Malang putus pasca disambar lahar hujan.

“Jadi nanti truk-truk yang sekarang ada di Pronojiwo dan dari malam kemarin bermalam kita minta untuk putar balik dan lewat Probolinggo,” tambah dia.

Untuk itu, dijelaskan Thoriq, saat cuaca mendukung hari ini, pembersihan material dilakukan agar jalur Piket Nol akan segera selesai dan bisa dilalui.

“Semoga hari ini cuacanya mendukung, dan tidak hujan lagi, agar pembersihan jalur Piket Nol ini bisa segera selesai dna akses lalulintas lancar,” Cak Thoriq memungkasi. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Cetak Leader Entrepreneur, Karang Taruna Lumajang Seleksi Kepengurusan Tingkat Desa

Baca Juga

Jembatan Hancur Diterjang Banjir Lahar Hujan, Warga Lumajang Bangun Jembatan Bambu

Lumajang,- Warga Dusun Tengir, Desa/Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, membangun jembatan alternatif dari bambu untuk memulihkan …