Kadis Kominfo, Aman Suryaman menyerahkan modem internet ke perwakilan ponpes. (Foto: Istimewa).

Pemkot Probolinggo Bantu Modem Gratis untuk untuk 36 Pesantren

Probolinggo – Sebanyak 36 pondok pesantren di Kota Probolinggo mendapat fasilitas internet gratis dari Pemerintah Kota Probolinggo. Internet dengan pinjam pakai modem wifi (orbit) untuk mendukung digitalisasi pondok pesantren.

Penyerahan fasilitas modem wifi kepada perwakilan pondok pesantren ini dilaksanakan di Command Center, Selasa (20/6/2023). Sekretaris Daerah Kota Probolinggo, Ninik Ira Wibawati mengatakan, fasilitas internet ini merupakan sarana pendukung di era transformasi digital.

“Dengan menggunakan internet, tidak ada informasi yang tidak dapat dicari. Sehingga dengan adanya sarana ini, para santri mendapat kemudahan dalam belajar, serta mencari informasi yang di perlukan, serta dapat meng update ilmu pengetahuan para santri,” ujarnya.

Dengan diberikannya fasilitas ini, diharapkan ada peran ponpes untuk akses internet yang hanya digunakan untuk hal positif, dengan cara memasang blocking acces sehingga fasilitas ini tidak digunakan untuk hal negatif, serta juga hanya digunakan untuk belajar.

“Dengan bantuan fasilitas internet paket kuota gratis yang diberikan ke pondok pesantren ini, ke depan tidak ada lagi kendala pembelajaran akibat kurangnya ketersediaan internet, serta ke depan pondok pesantren untuk mempersiapkan agar internet ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan benar,” katanya.

Sementara, salah satu penerima bantuan modem wifi dari Ponpes Riyadlus Sholihin, Hafidz mengatakan, mengapresiasi dan berterima kasih ada fasilitas internet berupa modem yang diberikan oleh Pemkot Probolinggo. Sehingga akan banyak inovasi yang nantinya dapat dilakukan oleh pondok pesantren.

“Dengan fasilitas modem wifi bantuan dari Pemkot Probolinggo ini, selain digunakan untuk belajar, nantinya juga dapat untuk mengenalkan kegiatan dakwah dan produk-produk pendidikan ke masyarakat luas, sekaligus sebagai ajang promosi dan eksistensi ponpes” imbuhnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Diikuti Ratusan Pelajar se-Jawa Timur, Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa Berlangsung Meriah

Baca Juga

Kelayapan di Warkop, 27 Pelajar di Kota Pasuruan Digulung Satpol PP

Pasuruan,- Puluhan pelajar terjaring razia Satuan Polisi (Satpol PP) Kota Pasuruan, Senin (29/1/2024) pagi. Para …