Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati, saat diwawancarai oleh awak media. (foto: Asmadi).

Wabup Lumajang Sebut Peran Aktif Pemuda jadi Kunci Kesuksesan Pemilu 2024

Lumajang,- Masa muda adalah fase terbaik untuk mencoba hal-hal baru. Dalam dunia politik pun, peran anak muda sangat dinantikan guna terwujudnya Pemilihan Umum (Pemilu) yang demokratis dan LUBER (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia).

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati (Bunda Indah) saat menghadiri seminar Kebangsaan dengan tema ‘Peran Mahasiswa Menghadapi Pemilu 2024’ yang diselenggarakan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Gedung Dakwah Muhammadiyah Lumajang, Selasa (13/6/2023).

Dalam kesempatan itu, Bunda Indah mengajak para mahasiswa untuk turut berperan aktif dalam penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024. Baik Pemilu Legislatif, (Pemilihan Presiden) Pilpres dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

“Dalam dunia politik, anak muda merupakan aset berharga karena mempunyai kekuatan tersendiri, dimana suaranya sangat berpengaruh dalam kontestasi pemilihan, baik dari pemilihan presiden, kepala daerah, atau memilih wakil rakyat,” kata Bunda Indah, Rabu (14/6/2023).

Menurutnya, tinggi rendahnya partisipasi anak muda di kancah politik menjadi indikator penting bagaimana perkembangan demokrasi di suatu daerah, khususnya di Kabupaten Lumajang.

Untuk itu, ia mengajak para anak muda agar bisa turut mengawal penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan itu. Setidaknya, untuk meminimalisir potensi kecurangan yang akan terjadi.

Selain itu, lanjut dia, peran aktif pemuda dapat membantu sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak apatis dalam pemilu. Apalagi sampai tida memilih atau golput (golongan putih, red)

“Jangan apatis, ini bahaya. Ini momen penting untuk memilih, untuk memilih pempimpin, mahasiswa bisa membantu bagaimana merubah mindset masyarakat dalam hajatan pemilu. Jug ikut menyuarakan sisi positifnya politik, agar ada dampak yang dihasilkan,” pungkas dia. (*)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Dinilai Membahayakan, Polisi di Lumajang Tilang Truk ODOL

Baca Juga

Akhirnya, Bawaslu Kota Probolinggo Segera Miliki Kantor Tetap

Probolinggo,- Sampai saat ini Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Probolinggo belum memiliki kantor tetap. Namun, …