MENINGGAL: CJH asal Lumajang, Suwarni, meninggal dalam perjalanan menunaikan ibadah haji. (foto: Asmadi)

Alami Diaphoretik, Penjual Rujak asal Lumajang Meninggal dalam Perjalanan Haji 

Lumajang,- Suwarni Suraji Miseri, Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kelurahan Gang Wahab, Kecamatan/Kabupaten Lumajang dinyatakan meninggal dunia, Selasa (13/6/23) pukul 06.30 waktu Saudi Arabia, di RS King Abdullah Jeddah.

Sebelum meninggal, Suwarni dan jemaah lain yang tergabung dalam Kloter 5, mendarat di bandara King Abdul Aziz Jeddah, sekitar pukul 03.40. Lalu, pada puku 04.00, para jemaah mulai menuruni tangga pesawat.

Sekitar pukul 04.10, ketua kloter dikabari jemaah yang turun dari pesawat jika ada jemaah haji yang lemas dan duduk di dekat anak tangga pesawat.

“Menurut keterangan saksi, saat itu kondisi ibu Suwarni lemas dan berpegangan tangan dengan erat pada saksi. Tangannya terasa dingin dan kemudian jemaah haji itu duduk di garbarata dan saksi berteriak minta tolong,” kata ketua Kloter 5, Muhadji.

Selanjutnya, kata Muhadji, pada jam 04.13, Tenaga Kesehatan Haji (TKH) dibantu purser (penjaga pesawat terbang, red), mengevakuasi jemaah haji ke dalam pesawat.

Seampainya di dalam pesawat, Suwarni, yang sehari-hari berjualan rusak di kampungnya, mengeluh pusing dan nafas terasa berat. Bahkan ia mulai kesulitan bernafas.

“Saat itu pasien mengatakan dadanya terasa berat, mual dan muntah. Hingga mengeluarkan keringat dingin. Dari pemeriksaan fisik, ibu Suwarni mengalami diaphoretik, gelisah,” bebernya.

Sebagai pertolongan pertama, TKH meminta diberikan oksigen namun purser pesawat tidak membolehkan. Sebab pesawat dalam posisi landing.

“Namun pada jam 04.25, kesadaran pasien mulai menurun,” ujar Muhadji.

Sekitar pukul 04.35, Suwarni dievakuasi ke Hajj Clinic Jeddah dengan menggunakan ambulans bandara. Kemudian pukul 05.10, ia dirujuk ke RS King Abdullah Jeddah.

“Lalu jemaah haji dinyatakan meninggal dunia pukul 06.30 di RS King Abdullah,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Santri MA. Zainul Hasan I Genggong Asah Kreativitas Lewat Lomba Mading 3D

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Festival Musik Patrol Semarakkan Ramadhan di Lumajang

Lumajang,- Bulan Ramadhan 2024 di Kabupate Lumajang disemarakkan dengan beragam kegiatan religius. Seperti festival musik …