BERPACU: Peserta Panglima TNI Cup 2023 berpacu menuju garis finish. (Moh. Rois)

Panglima TNI Cup 2023 Digelar di Pasuruan, Bakal jadi Pioner Kejuaraan Pacuan Kuda Internasional

Pasuruan,- Kejuaraan pacuan kuda Panglima TNI Cup 2023 digelar di Arena Pacuan Kuda Ki Ageng Astrojoyo, Desa Cobanjoyo, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Senin (12/6/2023).

Kompetisi ini diikuti oleh 80 stable dan 153 joki dari 9 propinsi di Indonesia, diantaranya dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, dan Sumatera Barat dengan jarak tempuh lintasan 1.500 meter.

Panitia membuka 21 kelas yang dipertandingkan mulai dari kelas junior hingga kelas senior nasional. Ribuan warga, terlihat menikmati tontonan pacuan kuda level nasional ini.

Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono kejuaraan pacuan kuda diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi olahraga pacuan kuda yang telah berjalan selama ini. Ia berharap melalui event ini, prestasi atlet pacuan kuda dapat semakin meningkat.

“Alhamdulillah, kegiatan ini diikuti oleh 153 atlet dari berbagai daerah di Indonesia. Saya berharap pacuan kuda ini dapat berkembang hingga mencapai tingkat internasional,” papar Yudo.

Selain itu, kejuaraan pacuan kuda ini juga bertujuan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. Sebab banyak penonton di arena, memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) setempat.

“Masyarakat sangat antusias dengan kegiatan ini, terlihat ada ribuan penonton yang memadati arena pacuan kuda ini. Tentunya hal ini akan berdampak positif terhadap pertumbuhan UMKM, khususnya di Kabupaten Pasuruan,” ujar Yudo.

Tak hanya itu, Yudo juga menilai bahwa arena pacuan kuda ini sudah memenuhi standar internasional. Ia berharap kedepannya Pasuruan dapat menjadi tuan rumah untuk kejuaraan pacuan kuda tingkat internasional.

“Arena ini sudah bertaraf Internasional. Mudah-mudahan kedepan bisa diadakan pacuan kuda tingkat internasional di Pasuruan ini,” tambah dia di lokasi. (*)

Baca Juga  Tawarkan Diri untuk Divaksin Covid-19, Satkorcab Banser; ini Jihad

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Berlaga di Kandang Sendiri, Persekabpas Siap Gebrak Liga 3 Nasional

Pasuruan,- Semangat baru tengah membakar jiwa Persekabpas saat mereka melangkah ke babak 80 besar Liga …