RAKOR: Karang Taruna Kabupaten Lumajang diminta jadi pendorong kemajuan masyarakat dalam berbagai sektor. (foto: Asmadi).

Gelar Rakor, Karang Taruna Lumajang Diminta jadi Pendorong Kemajuan masyarakat

Lumajang,- Pengurus Karang Taruna menggelar rapat koordinasi (rakor) yang diikuti seluruh pengurus. Rakor digelar di kantor sekretariat Karang Taruna Lumajang, Jalan Ahmad Yani No 199.

Rakor diselenggarakan untuk optimalisasi peran dan fungsi Karang Taruna di bidang kesejahteraan sosial, pengembangan jaringan kerja membangun kemitraan antar Karang Taruna, dan masyarakat.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Lumajang Indarto mengatakan, dengan digelarnya rakor maka program dan agenda kegiatan yang sudah disusun dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

“Rakor ini merupakan langkah strategis untuk melakukan evaluasi terhadap program yang akan dilaksanakan oleh Karang Taruna kedepannya. Untuk itu, rakor ini hendaknya dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kinerja Karang Taruna di Kabupaten Lumajang,” kata Indarto, Sabtu (10/6/2023).

Menurut Indarto, Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan kreativitas generasi muda yang berkelanjutan, untuk menjalin persaudaraan dan rasa kebersamaan membangun masyarakat melalui organisasi pemuda.

“Baik dalam bidang sosial kemasyarakatan maupun kegiatan-kegiatan yang lain seperti kegiatan keagamaan, olahraga maupun ekonomi kreatif,” ujarnya.

Ia berharap, agar Karang Taruna mampu menjalankan tuntutan sosial di masyarakat, menjadi organisasi yang mandiri, dan mampu mempersatukan komponen generasi muda baik internal maupun eksternal, juga masyarakat pada umumnya.

“Karang taruna diharapkan dapat mendukung pelaksanaan peningkatan kesejahteraan sosial, antara lain dengan memposisikan diri sebagai pelaksana pendampingan sosial yang dapat menjembatani program pemerintah dalam menggerakkan masyarakat dan potensi kesejahteraan sosial lainnya, khususnya kepada generasi muda,” beber dia.

Sementara itu, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lumajang, Dedi Marta meminta Karang Taruna dapat memanfaatkan setiap peluang, dengan penuh rasa tanggungjawab dan secara terus menerus mengembangkan prakarsa dan kwalitas. Selain itu, mampu menjadi pendorong bagi kemajuan masyarakat.

Baca Juga  Pupuk Subsidi Dibatasi, Petani Probolinggo Resah

“Sebagai organisasi sosial masyarakat, karang taruna saat ini menempati posisi yang strategis, karena memiliki potensi dan mampu menanggulangi permasalahan sosial, serta ikut memacu jalannya pembangunan di daerahnya masing-masing,” kata politisi Partai Gerindra itu. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …