Kantor ULP PLN Rayon Kraksaan.

Enam Kabel Trafo Dicuri, PLN Rayon Kraksaan Rugi Rp54 Juta

Probolinggo – Enam kabel travo milik Unit Layanan Pelanggan (ULP) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Kraksaan hilang dimaling. Diperkirakan, peristiwa pencurian tersebut terjadi pada Selasa (16/5/2023) dini hari.

Manager ULP PLN Rayon Kraksaan Rechi Novriadi mengatakan, akibat aksi pencurian tersebut, pihaknya mengalami kerugian. Tak tanggung-tanggung, kerugian ditaksir mencapai Rp54 juta.

“Awalnya ada laporan warga terkait mati lampu, setelah dicek ternyata ada pencurian kabel, dan itu kabel travo,” katanya, Rabu (17/5/2023).

Ia menambahkan, keenam kabel trafo yang dimaling tersebut berada di Desa Asembakor, Kecamatan Kraksaan; Desa Sukokerto dan Desa Kapasan, Kecamatan Pajarakan. Selanjutnya, pencurian kabel travo juga terjadi di Desa Bulang, Kecamatan Gending.

“Ada juga di Perum Cordoba, Kecamatan Gending, terus di Desa Sidodadi, Kecamatan Paiton,” ujarnya.

Rechi pun menduga, pencurian ini dilakukan oleh orang yang mengerti tentang kelistrikan. Pasalnya, kabel yang dicuri merupakan kabel aktif dan merupakan kabel travo yang bertegangan listrik.

“Kejadian ini tidak hanya terjadi di wilayah kami, di Pasuruan juga ada aksi serupa,” ujarnya.

Lebih dari itu, Rechi menjelaskan, pada setiap titik, kabel yang berhasil dicuri oleh para maling itu panjangnya sekitar sembilan meter. Dan kabel tersebut tergolong cukup mahal.

“Kabel yang dicuri itu merupakan kabel tembaga. Rata-rata sembilan meter yang diambil. Sehingga kami taksir kerugiannya mencapai Rp 54 juta,” ujarnya.

Ia pun menyebut, atas kejadian teraebut pihaknya langsung terus melakukan perbaikan. Sehingga, aliran listrik ke pemukiman warga bisa kembali aktif. “Kami terus berusaha memberikan layanan terbaik,” paparnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Buntut Pengeroyokan di Kraton, Belasan Pemuda Serahkan Diri 

Baca Juga

Tawon Vespa Resahkan Warga, Damkar Terpaksa Turun Tangan

Pasuruan,- Tawon ndas atau tawon vespa afinis meresahkan warga di Perumahan Graha Candi, Kelurahan Bakalan, …