Tunggu 'Hari Baik', Berikut Jadwalnya Parpol Daftarkan Bacaleg ke KPU

Tunggu ‘Hari Baik’, Berikut Jadwalnya Parpol Daftarkan Bacaleg ke KPU

Probolinggo – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo saat ini terdiri dari lima fraksi, yakni dari fraksi Partai Nasdem, PKB, Partai Golkar, Partai Gerindra, dan PDIP. Namun, partai-partai tersebut hingga saat ini belum ada yang mendaftarkan kadernya sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg).

Hingga hari kesembilan dibukannya pendaftaran Bacaleg Pemilu 2024 nanti, sejumlah partai tersebut masih belum melakukan pendaftaran.

Sehingga, partai-partai tersebut kini hanya meiliki waktu lima hari sebelum masa pendaftaran ditutup.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang merupakan partai dengan nomor urut 1 mengaku, menunggu “hari baik” untuk mendaftarkan bacalegnya. Rencananya, pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, akan dilakukan pada Jumat (12/5/2023) mendatang setelah pelaksanaan ibadah salat Jumat.

“Nanti serentak seluruh Indonesia, insya Allah yang Kabupaten Probolinggo formasinya lengkap ada 50 bacaleg yang akan kami daftarkan,” kata Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPC PKB setempat, Musthofa, Selasa (9/5/2023).

Pemilihan “hari baik” juga dilakukan Partai Gerindra. Partai dengan nomor urut 2 itu, akan mendaftarkan Bacalegnya pada Sabtu (13/5/2023) mendatang.

“Instruksi DPP Gerindra serentak Nasional tanggal 13 nanti, untuk jam menyusul,” kata Ketua DPC Gerindra setempat, Muhammad Zubaidi.

PDI Perjuangan, partai dengan nomor urut 3 mengaku, sudah menjadwalkan proses pendaftarannya. Sebanyak 50 orang kader partai akan didaftarkan pada Kamis (11/5/2023) mendatang.

“Kami akan mendaftar Kamis tanggal 11 pukul 11.00 WIB. Selain bersama ketua DPC, kami juga akan mendaftar ke KPU bersama dengan Wakil Bupati HA. Timbul Prihanjoko yang juga merupakan kader partai,” ungkap Sekretaris DPC PDI-P setempat, Didik Irfan.

Di sisi lain, Partai Nasdem akan mengawali proses pendaftaran Bacaleg pada Pemilu mendatang. Partai dengan nomor urut 5 ini akan melakukan pendaftaran pada Rabu (10/3/2025) besok.

Baca Juga  Partai Demokrat Lumajang Buka Pendaftaran Cabup, Non Kader Dipersilahkan Daftar

“Insya Allah besok Rabu pukul 10.00 WIB kami daftar. Lengkap 50 kader kami daftarkan untuk tujuh dapil yang ada,” ujar Ketua DPC Nasdem setempat, Ahmad Rifa’i.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Oka Mahendra Jati Kusuma dan Ketua DPC PPP Kabupaten Probolinggo Habib Mahdi, hingga berita ini ditulis belum merespon upaya konfirmasi yang dilakukan oleh jurnalis Pantura7.com. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Sengketa Pilpres Usai, KPU Kab. Probolinggo Tunggu Rilis Hasil Pileg

Probolinggo,- Adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa pemilihan presiden dan wakil presiden, membuat Perselisihan …