DIRESMIKAN: Bupati Lumajang dan Rektor UIN KHAS Jember meresmikan pendirian kampus di Senduro, Lumajang. (foto: Hafiz Rozani)

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Cak Thoriq Gandeng UIN KHAS Jember Dirikan Kampus di Lumajang

Lumajang,- Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, gaya hidup, dan kebijakan-kebijakan global menjadi tantangan yang harus dihadapi dan dijawab oleh lembaga pendidikan tinggi.

Sebab tujuan pembangunan nasional dalam bidang pendidikan adalah mencerdaskan bangsa dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju dan beradab.

Atas dasar itulah, Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Ahmad Siddiq (KHAS) Jember mending Kampus 2 di Kabupaten Lumajang dengan harapan mampu meningkatkan pendidikan yang berimplikasi dengan perekonomian masyarakat.

“Insya-Allah seluruh fakultas yang selain studi islam akan di tempatkan di Lumajang. Rencananya ada Fakuktas Kehutanan, Pertanian, Teknologi, Ilmu Sosial, Kedokteran dan Kesehatan, Ilmu Lingkungan,” kata Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, Sabtu (6/5/2023).

Cak Thoriq, panggilan akrab Thoriqul Haq, optimis hadirnya kampus UIN KHAS Jember di Lumajang, akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar kampus. Selain itu, memberikan kemudahan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat di kota pisang.

Thoriq menyampaikan, UIN KHAS Jember telah mengantongi SK Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI untuk penggunaan lahan seluas 100 hektare Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) di Desa Kandangtepus, Kecamatan Senduro, untuk peningkatan akses pendidikan di Lumajang.

“Alhamdulillah UIN KH. Ahmad Siddiq sudah mendapatkan SK dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk penggunaan lahan 100 hektare di Kandangtepus, Senduro, sebagai lahan untuk pengembangan kampus di Lumajang,” terang dia.

Untuk sementara, imbuh Thoriq, hanya 10 persen saja dari seratusan hektar lahan tersebut yang akan digunakan untuk pembangunan fisik kampus saja. Sisanya tetap digunakan untuk pemberdayaan kawasan hutan.

“Terkait dengan masyarakat disini, mereka tidak ditinggalkan, nanti pengelolaan pertanian akan didampingi kampu. Tentu dengan adanya kampus, masyarakat akan semakin diberdayakan dan banyak pertumbuhan ekonomi yang akan hadir disini,” urai Cak Thoriq.

Baca Juga  Perumdam Tirta Mahameru Buka Layanan di MPP

Sementara itu, Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Dr. H. Babun Soeharto, S.E, M.M, mengatakan, dengan diterimanya SK Menteri LHK, pihaknya sudah bisa memulai pembangunan kampus.

Selain itu, dijelaskan Babun, pihaknya juga akan mulai mengajukan formasi kepegawaian kampus dalam beberapa hari ke depan.

“Mungkin kalau itu sudah diterima tahun ajaran sudah ijin diproses maka tahun depan sudah operasional,” terang Babun. (**)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …