DIBUKA: Bupati dan Wakil Bupati Lumajang saat membuka penggilingan pertama PG Jatiroto dan Loemadjang Mbiyen. (foto: Asmadi)

Pasar Rakjat Loemadjang Mbiyen Digelar, Jadi Pembuka Giling PG Jatiroto

Lumajang,- Bagi masyarakat Kabupaten Lumajang yang ingin mengingat masa lampau, kini bisa hadir di event Loemadjang Mbiyen yang digelar di Desa Jatiroto, Kecamatan Jatiroto. Event Loemadjang Mbiyen berlangsung selama dua hari, Sabtu – Minggu (6-7/5/23).

Event Loemadjang Mbiyen yang mengambil tajuk Pasar Rakjat ini menonjolkan kearifan lokal. Warga diajak menikmati peradaban di kota pisang saat zaman pra-kemerdekaan silam.

Event Loemajang Mbiyen dibuka langsung oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq, yang didampingi oleh Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati dan Forkopimda Lumajang.

Acara tahunan yang dibuka hari ini, Sabtu (6/5)23), bertepatan dengan hari pertama penggilingan Pabrik Gula (PG) Jatiroto, Kabupaten Lumajang.

“Event Loemajang Mbiyen ini, kita paskan waktunya dengan waktu giling PG Jatiroto. Jadi, sekarang ini sudah mulai di giling dan para petani tebu Lumajang banyak yang datang,” kata Cak Thoriq, sapaan Thoriqul Haq, di lokasi.

Menurut Thoriq, momen awal giling PG Jatiroto sejak dulu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Sebab, ada berbagai pertunjukan yang diselenggraka oleh PG Jatiroto saat giling perdana dilakukan.

“Nah, Sekarang kita satukan konsepnya dengan pembukaan giling PG Jatiroto denga Loemadjang Mbiyen,” ujar Cak Thoriq.

Pantauan PANTURA7.com, usai melewati pintu masuk Loemadjang Mbiyen, terdapat deretan stand dengan konsep tradisional, yang merupakan perwakilan dari tiap kecamatan se-Kabupaten Lumajang.

Meski baru hari pertama, namun antusiasme warga sudah terlihat. Tampak ratusan warga berkunjung untuk sekedar Swwafoto ataupun berbelanja aksesoris dan kuliner tradisional. (**)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga  Polisi Lumajang Bekuk Penadah Motor Curian, 6 Motor Disita

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …