TINJAU: Wabup Probolinggo, Timbul Prihanjoko (mengenakan baju kotak-kotak merah) meninjau perbaikan jalan rusak di wilayah Kecamatan Gending. (foto: Diskominfo Kab. Probolinggo)

Tinjau Perbaikan Jalan Rusak, Wabup Timbul Berterima Kasih ada Kritik yang Membangun

Gending,- Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo, HA Timbul Prihanjoko, meninjau perbaikan kerusakan ruas jalan Sebaung – Klenang Lor sepanjang 2,6 km di Desa Sebaung Kecamatan Gending, Kamis (4/5/2023) siang.

Turut mendampingi, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Andi Suryanto Wibowo; Sekretaris Daerah (Sekda), Ugas Irwanto; Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Hengki Cahjo Saputra; Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Taufik Alami; serta Camat Gending, Deny Kartika Sari.

Sesampainya di lokasi, Wabup Timbul, Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo dan Sekda Ugas langsung melihat dari dekat proses pemeliharaan jalan berupa tambal sulam manual menggunakan peralatan baby warles.

Wabup Timbul mengatakan, saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pobolinggo memang terus mencicil melakukan perbaikan-perbaikan terhadap jalan-jalan rusak yang ada di wilayah kota mangga.

“Untuk perbaikan jalan ini kita bagi dalam 2 tim untuk barat dan timur Kabupaten Probolinggo. Semuanya fokus menyelesaikan perbaikan kerusakan jalan-jalan yang ringan. Perbaikan besar baru bisa dilakukan pada bulan Juni dan Juli 2023, saat ini masih proses pelelangan melalui e-katalog,” kata Timbul.

Dalam kesempatan itu, pejabat asal Kecamatan Maron itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan masukan terhadap kerusakan-kerusakan jalan yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Meski demikian, sambung Timbul, sejatinya Pemkab Probolinggo memang sudah membuat program perbaikan di sejumlah titik ruas jalan di Kabupaten Probolinggo.

“Hanya saja, untuk awal ini kita perbaiki kerusakan skala ringan. Untuk skala rusak berat masih harus melalui e-katalog. Perencanaan dan anggarannya sudah ada, tinggal pelaksanaannya saja. Memang ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan,” tegasnya.

Kepala DPUPR Kabupaten Probolinggo Hengki Cahjo Saputra menambahkan, perbaikan jalan ini memang merupakan pemeliharaan rutin dari DPUPR Kabupaten Probolinggo yang sudah terjadwal dan terprogram.

Baca Juga  Harga Ayam Potong Mendekati Rp 50 Ribu/Kg

“Perbaikan kerusakan jalan ini kita lakukan mulai Selasa kemarin di barat dan timur. Tetapi karena ada yang lebih urgen, maka selama 2 hari sebanyak 2 tim kita geser ke wilayah timur untuk menyelesaikan perbaikan ruas jalan Paiton Timur – Kotaanyar dan Triwungan – Gondosuli. Mulai hari ini sudah kembali berjalan di timur dan barat,” ujarnya.

Hengki menyebut, untuk pemeliharaan rutin berupa pekerjaan tambal sulam menggunakan truk Alphomain dilakukan pada ruas jalan Paiton – Glagah sepanjang 6 km dan ruas jalan Sebaung – Klenang Lor sepanjang 2,6 km menggunakan baby warles.

“Harapannya perbaikan kerusakan jalan ini bisa selesai sesuai dengan jadwal yang sudah ada sehingga bisa bergeser ke ruas jalan lain yang memang sudah terjadwal,” ucap dia.

“Jadi ini hanya untuk perbaikan pada jalan rusak ringan saja. Untuk yang besar nanti akan dilakukan pada bulan Juni dan Juli 2023,” tutup Hengki. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Dinilai Langgar Perda, Pemkot Pasuruan Tertibkan PKL di Jl. Sultan Agung dan Pelabuhan

Pasuruan,- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pasuruan, melakukan penertiban terhadap gerobak pedagang kaki …