LONGSOR: Petugas gabungan membersihkan material longsor, termasuk pohon tumbang di jalur Piket Nol Lumajang. (foto: Asmadi)

Longsor di Piket Nol Lumajang, Pohon Tumbang, Jalur Sempat Lumpuh

Lumajang,- Tanah longsor terjadi di KM 56 Piket Nol, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jumat (28/4/2023) petang. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.

Salah satu pengguna jalan di KM 56 Piket Nol, Dosi mengatakan, pohon tumbang terjadi sekitar pukul 17.38 WIB. Saat itu, hujan yang mengguyur kawasan itu baru saja reda.

Dosi kala itu dalam perjalanan pulang dari Kecamatan Candipuro menuju rumahnya di wilayah Kecamatan Pronojiwo. Namun ia akhirnya gagal melintas lantaran jalan tertutup material longsor.

“Tadi sore terjadi longsor yang mengakibatkan pohon tumbang di KM 56 piket nol, dan jalan di piket nol lumpuh total,” katanya saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang Patria Dwi Hastiadi menjelaskan, petugas BPBD dibantu warga lantas melakukan pembersihan manual agar akses bisa dilewati.

Tak lama berselang, lalu lintas jalan sudah dibuka kembali. Namun warga yang melintas tetap diminta untuk waspada dan hati-hati karena intensitas hujan masih tinggi.

“Petugas gabungan bersama warga berhasil membersihkan pohon tumbang dan material longsor lainnya. Bagi warga yang mau melintas, tetap waspada, sebab bencana alam bisa kapan saja terjadi tanpa kita ketahui,” urainya.

Menurut Patria, musibah itu terjadi lantaran hujan dengan intensitas sedang hingga deras melanda Kecamatan Candipuro, Pronojiwo, dan Tempursari sejak sore hari hingga malam. “Ya karena hujannya deras,” pungkas dia. (*)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Brakk!! Warga Paiton Tewas Terlindas Tronton di Jalur Pantura

Baca Juga

Heboh Penemuan Mayat di Kali Regoyo Lumajang, Ternyata ini Faktanya

Lumajang,- Warga Desa Regoyo, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang dihebohkan dengan penemua mayat yang nyangkut dibebatuan …