Becak motor dan perahu penyeberangan menunggu penumpang warga Pulau Giliketapang

Tradisi ‘Petolekoran’, Perahu-Becak Panen Rezeki

Probolinggo – Tradisi ribuan warga Giliketapang yang berbelanja kebutuhan lebaran di Kota Probolinggo pada tanggal 27 (Petolekoran) Ramadan membawa berkah bagi bagi pemilik moda transportasi seperti perahu dan becak motor. Pada saat Petolekoran, Selasa (18/4/2023), mereka bisa puluhan kali mengangkut banyak penumpang dalam sehari.

Berkah tradisi Petolekoran ini dirasakan satu pemilik perahu penyeberangan Giliketapang-Probolinggo yakni, Bebun (45), warga Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo. Ia mengaku, perahunya bisa mengangkut minimal tiga kali pergi-pulang (PP) penumpang.

Dengan kapasitas perahu 40-45 orang dan tarif Rp10 ribu per orang, Bebun bisa meraup Rp1,2 juta dalam sehari.

“Kalau dilihat tradisi Petolekoran tahun kemarin, minimal saya dapat mengangkut penumpang hingga tiga kali dengan pendapatan Rp1,2 juta. Namun diperkirakan Petolekoran tahun ini bisa lebih dari tiga kali. Ini karena melihat banyaknya warga Giliketapang yang datang ke Kota Probolinggo,” ujarnya.

Tak hanya pemilik perahu, berkah petolekoran juga di rasakan Tosip (50), pemilik becak motor asal Desa Ambulu, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Ia mengatakan, dalam sehari, bisa mengangkut penumpang hingga 15 kali.

Untuk ongkos becak motyor Rp15 ribu hingga 30 ribu, tergantung jauh dekatnya tujuan penumpang. Namun rata- rata penumpang warga Giliketapang saat Petolekoran tujuannya pertokoan di Jalan dr. Soetomo seperti, KDS dan GM.

“Dalam sehari saat tradisi Petolekoran rata-rata saya bisa 15 kali muat penumpang hingga lebih dengan tujuan pertokoan. Jika ditotal dalam sehari saya bisa mengantongi Rp600 ribu,” ujar Tosip. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Diusulkan sebagai Calon Wali Kota Probolingggo, Begini Jawaban Fernanda Zulkarnain

Baca Juga

Berharap Kemakmuran, Warga Tengger Bromo Gelar Ritual Unan-unan

Probolinggo,- Warga Suku Tengger di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Selasa (23/4/2024) siang, gelar ritual Unan-unan. …