Salah satu traffic light tempat pengamen dan pengemis biasa beroperasi

Antisipasi Gepeng Dadakan, Satpol PP Gencarkan Patroli

Probolinggo – Memasuki pertengahan bulan Ramadhan, Satpol PP Kota Probolinggo terus menggencarkan patroli di sejumlah titik untuk mengantisipasi munculnya gelandangan dan pengemis (gepeng) dadakan. Satpol PP mengimbau kepada warga untuk melaporkan jika ada gepeng yang meminta uang dengan cara paksa.

Kepala Dinas Satpol PP, Linmas dan Damkar Kota Probolinggo, Pujo Agung Satrio mengatakan, Satpol PP hingga saat ini terus berpatroli di sejumlah titik yang dianggap sebagai lokasi gepeng.

“Jadi ada beberapa lokasi strategis yang memang digunakan para pengemis dan pengamen untuk mencari uang. Sehingga lokasi ini menjadi jujukan petugas saat berpatroli,” ujarnya, Jumat (7/4/2023).

Sasaran patroli petugas adalah sejumlah lampu lalu lintas (traffic light) seperti di kawasan Brak, Flora, King, depan Yon Zipur, dan Randupangger.

Hasilnya, sejak awal bulan Ramadhan hingga saat ini, Satpol PP berhasil mengamankan 15 orang, yang terdiri dari anak jalanan, pengamen, manusia silver, hinga badut. Dari hasil pendataan usia pengamen dan pengemis ini rata-rata remaja dan berasal dari luar kota, salah satunya dari Lumajang.

“Mereka yang terjaring ini kemudian kami bawa ke shelter untuk dibina dengan dilatih, sehingga mereka memiliki keahlian dan mendapat penghasilan dari keahlian tersebut,” ujarnya.

Satpol PP mengimbau warga untuk melaporkan ke hotline 112 jika ada pengemis dan pengamen yang memaksa meminta uang atau meresahkan dan menganggu ketertiban.

“Sampai saat ini belum ada laporan terkait hal tersebut, namun kita mengimbau jika ada pengamen atau pengemis yang memaksa meminta uang, untuk segera melaporkannya ke telepon 112,” imbuh mantan Camat Kademangan ini. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Cuaca Ekstrim Kembali Terjadi, Pepohonan Jalur Pantura Dipangkas

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …