Mei Pemberangkatan Haji Kab. Probolinggo, CJH 2023 Nihil Pelunasan

Probolinggo – Pemerintah menjadwalkan pemberangkatan haji tahun 2023 ini dimulai pada Mei mendatang. Di Kabupaten Probolinggo diperkirakan terdapat 741 calon jamaah haji (CJH) yang akan berangkat tahun ini.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama Kemenag Kabupaten Probolinggo, HM. Taufiq mengatakan, kloter pertama pada Gelombang Pertama pemberangkatan haji tahun ini dijadwalkan pada minggu keempat pada Mei mendatang.

“Kloter awal masuk asrama haji, tanggal 23 Mei. Tanggal 24 jamaah kloter ini terbang ke Madinah,” katanya, Selasa (4/4/2023).

Ia melanjutkan, untuk CJH Kabupaten Probolinggo, jadwal pemberangkatannya belum dapat dipastikan. Hal ini berkaitan dengan biaya pelunasan haji yang belum terselesaikan.

“Yang jelas Kabupaten Probolinggo masuk di gelombang kedua, untuk kloternya menyusul, menunggu finalisasi pelunasan jamaah,” katanya.

Di sisi lain ia menjelaskan, hingga saat ini belum ada kepastian dari pemerintah pusat terkait batas waktu pelunasan haji untuk pemberangkatan 2023 ini. Bahkan ia menyebut, CJH yang dijadwalkan berangkat pada 2023 kali ini belum ada satu pun yang melunasi biaya hajinya.

“Untuk 2023 belum, kan masih nunggu Keppres (Keputusan Presiden, Red.). Tapi CJH lunas tunda 2020 sampai lunas tunda 2022 ada 333 jamaah,” katanya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Pemkab Lumajang Gencarkan Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal, ini Targetnya

Baca Juga

Tunaikan Ibadah Haji, 24 ASN Kota Probolinggo Ajukan Cuti

Probolinggo,- Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Probolinggo tahun ini memberangkatkan 201 calon jemaah haji (CJH). …