Petugas pemadam kebakaran memadamkan toko yang terbakar (istimewa).

Diduga Korsleting Kulkas, Toko Pracangan di Triwung Lor Terbakar

Probolinggo – Sebuah toko pracangan di Jalan Raya Bromo, Kelurahan Triwung Lor, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Selasa dini hari (4/04/23) terbakar. Beruntung kebakaran tersebut cepat diketahui sehingga api tak merembet ke bangunan lain.

Dugaan sementara, kebakaran dipicu terjadinya hubungan-pendek (korsleting) listrik pada kulkas di dalam toko.

Saat dikonfirmasi, Lurah Triwung Lor, Iwan Cahyono mengatakan, toko yang terbakar tersebut milik Sumila (56). Saat itu, warga yang bekerja di area depan hotel tepat depan toko, melihat kepulan asap sekitar pukul 00.30 keluar dari sela-sela pintu toko.

“Warga tersebut kemudian membangunkan pemilik toko yang sedang istirahat di area belakang toko, yang kemudian setelah bangun menghubungi petugas Pemadam Kebakaran,” ujarnya.

Tak lama kemudian, petugas pemadam kebakaran tiba dan langsung melakukan pemadaman. Saat petugas tiba, api sudah membakar seluruh barang yang dijual di toko. Kemudian petugas langsung menyemprot api yang membakar bagian dalam toko.

“Beruntung bangunan toko kuat, sehingga api tak sampai merembet ke bangunan lain. Akibat kejadian tersebut, pemilik mengalami kerugian sekitar Rp100 juta, karena pemilik baru kulakan untuk persiapan lebaran,” imbuh Lurah Triwung Lor.

Sementara, Komandan Regu 2, Damkar Pemkot Probolinggo, Satiman mengatakan, petugas mendapat laporan kebakaran sekitar pukul 01.00. Ia kemudian menerjunkan dua unit truk damkar berkapasitas 10 ribu liter dan 5 ribu liter ke lokasi.

“Setibanya di lokasi, api masih membakar bagian dalam toko, kemudian petugas langsung melakukan penyemprotan. Api baru dapat dipadamkan satu jam kemudian,” ujar Satiman.

Petugas pemadam dengan cepat datang serta memadamkan api sehingga tak sampai merembet ke bangunan lain. Namun, barang-barang jualan di dalam toko ludes terbakar.

“Alhamdulillah tidak ada korban dalam peristiwa ini. Dugaan sementara, kebakaran toko ini terjadi karena korsleting kulkas yang ada di dalam toko,” imbuh Satiman. (*)

Baca Juga  Sakit Tak Kunjung Sembuh, Lansia di Tiris Gantung Diri

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …