DIPOTONG: Petugas DLH Kabupaten Probolinggo saat memotong ranting pohon membahayakan di jalur pantura Kraksaan. (foto: Ainul Jannah)

Cuaca Ekstrim Kembali Terjadi, Pepohonan Jalur Pantura Dipangkas

Probolinggo,- Intensitas hujan di Kabupaten Probolinggo kembali menggeliat. Bahkan tak jarang disertai cuaca ekstrim seperti hujan deras yang disertai angin kencang.

Tak ingin potensi terjadinya bencana menimbulkan korban jiwa, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo pun turun tangan. Ranting pohon yang berada di sepanjang jalur pantura dipotong.

Kepala DLH Kabupaten Probolinggo, Dwijoko Nur Jayadi mengatakan, bersih-bersih ranting pohon dilakukan untuk menghindari terjadinya pohon ataupun ranting patah, yang dapat membahayakan para pengendara.

“Betul, juga agar penerangan di jalur pantura tidak terhalang oleh ranting pohon yang lebat,” ujar Dwijoko, Senin (3/4/23).

Selain itu, lanjutnya, pemotongan ranting juga bertujuan agat pertumbuhan akar tidak merusak infrastruktur bangunan yang ada di sekitar pohon.

“Agar bangunan maupun jalan yang berada di dekatnya tidak rusak akibat pertumbuhan akar pohon,” ungkap mantan Kalaksa BPBD Kabupaten Probolinggo ini.

Sebelumnya, sambung Dwijoko,. pihaknya mendapatkan laporan perihal adanya ranting pohon yang patah lalu mengenai pengguna jalan. Meski tidak sampai menelan korban jiwa, namun kejadian itu harus diantisipasi.

“Ya, menghindari kejadian serupa takut sampai menelan korban jiwa,” pungkasnya pejabat yang gemar bersepeda ini. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Senangnya Penyandang Disabilitas Dapat Sembako Gratis dari Kepolisian

Baca Juga

Hendak Jaga Kapal, ABK asal Wonoasih Tewas Tenggelam

Probolinggo,- Seorang anak buah kapal (ABK) yang sedang bersandar tenggelam usai terjatuh dari atas kapal, …