Sejumlah pedagang membawa sapinya ke pasar hewan besuk beberapa waktu lalu.

Populasi Bagus, Pemkab Jamin Ketersediaan Daging Hingga Lebaran

Probolinggo – Memasuki bulan Ramadan 1444 Hijriah, Pemkab Probolinggo menjamin ketersediaan ternak dan kebutuhan daging di wilayahnya aman. Bahkan, Dinas Pertanian (Disperta) ketersediaan ternak dan daging ini diklaim akan mampu memenuhi kebutuhan hingga hari raya Idul Fitri nanti.

Kadisperta Mahbub Zunaidi melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) pada Disperta setempat, drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan, hal itu tidak terlepas dari populasi ternak yang anak.

“Cukup, karena polupasinya 238 ekor, itu hanya untuk yang sapi potong, lain dengan sapi perah, ada kambing, domba, ayam dan lain sebegainya. Jadi insya Allah aman,” katanya, Minggu (26/3/2023).

Jumlah populasi tersebut menurutnya masih terhitung pada triwulan pertama tahun ini. Dan pihaknya pun masih terus melakukan pembaharuan data guna memastikan ketersediaan ternak di lapangan.

“Triwulan pertama masih berlangsung tapi data sementara kami memunjukkan ketersediaan aman, ini data terus kami perbaharui,” ujarnya.

Meski begitu, Niko mengatakan, ketersediaan ternak dan daging ini bisa saja terganggu jika muncul virus atau penyakit yang menyerang secara tiba-tiba. Serta, terjadi dengan skala besar. Sejauh ini penyakit ternak yang dapat mengganggu ketersediaan daging adalah Avian Influenza (AI). Yakni, penyakit menular pada dengan tingkat kematian mencapai 90 persen.

“Penyakit ini juga bisa menular kepada manusia. Penyebabnya perubahan cuaca. Sejauh ini di Kabupaten Probolinggo belum ada. Sifat penyakit ini zoonosis,” jelasnya.(*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Empat Bayi Lahir saat Harjalu, Pemkab Lumajang Berikan Hadiah

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …