Walikota Probolinggo saat memberikan sambutan di acara HPN. (Foto: Hafidz Rozani)

HPN, Walikota Minta Wartawan Jaga Kode Etik 

Probolinggo – Para wartawan di Probolinggo Raya bersama Forkopimda Kota dan Kabupaten Probolinggo menggelar peringatan Hari Pers Nasional (HPN), Kamis (9/3/2023). Dengan momen ini, Walikota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin berharap, seluruh wartawan menjaga kode etik jurnalistik dalam tugas sehari-hari.

HPN yang digelar di Pantai Permata, Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo ini diawali sambutan Ketua Panitia HPN 2023, Amelia Subandi. Ia mengaku, berterima kasih kepada seluruh panitia, serta sejumlah organisasi kewartawanan yang telah memeriahkan HPN dengan menggelar acara bersama.

“Selain itu, saya juga berterima kasih terhadap para sponsor yang telah mendukung acara ini. Semoga, HPN tahun depan lebih meriah lagi,” ujarnya.

HPN diwarnai penyerahan hadiah berbagai lomba dan pertandingan. Juga dilakukan penandatanganan komitmen bersama mewujudkan pers merdeka, demokrasi dan bermartabat, khususnya dalam pemberitaan pemilu yang digelar tahun depan.

Selain perwakilan empat organisasi kewartawanan, penandatanganan ini juga dilakukan walikota, perwakilan Pemkab Probolinggo, Kejaksaan Negeri Kota dan Kabupaten Probolinggo, hingga Polres Probolinggo dan Polres Probolinggo Kota.

Usai penandatanganan, walikota dalam sambutannya menyampaikan, di momen puncak hari pers yang digelar di Pantai Permata, serta telah di tandatanganinya komitmen bersama, agar ke depan, jurnalis di Probolinggo dapat menjaga kode etik jurnalistik.

“Saya berharap, dengan telah ditandatanganinya komitmen bersama, seluruh insan pers menjaga kode etik selama meliput, apalagi saat ini menjelang tahun politik,” ujarnya.

Selain itu, peran media juga sangat penting untuk menangkal berita hoaks. Diharapkan awak media dapat memfilter informasi yang simpang siur menjadi berita yang akurat dan dapat dipercaya.

“Dengan telah ditandatanganinya komitmen ini, menjadi aksi nyata bagi seluruh awak media, serta bermanfaat bagi masyarakat,” imbuh Habib Hadi. (*)

Baca Juga  Lantik 10 Pejabat Baru, Bupati Irsyad Larang ada Tasyakuran

 

Editor; Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …