Foto: ilustrasi.

Lagi, TKI Probolingggo Meninggal di Luar Negeri

Kraksaan,- Kasus pemulangan jenazah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari negara tetangga kembali terjadi. Kali ini, jenazah TKI tersebut berasal dari Kecamatan Leces.

Kabid Penempatan Tenaga Kerja, Ketransmigrasian, dan Perluasan Kesemoatan Kerja pada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat Akhmad mengatakan, informasi pemulangan jenazah tersebut didapatnya dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Surabaya.

Namun, pemulangannya masih akan dilakukan pada beberapa hari ke depan. “Kami dapat konfirmasi bahwa ada yang meninggal.

Pemulangannya malam Senin depan baru tiba di Surabaya,” katanya, Jumat (3/3/2023).

Ia menjelaskan, jenazah TKI bernama Bahrulla (42). Kematian Bahrulla merupakan yang pertama terjadi pada 2023 ini.

“Sepanjang 2023, ini yang pertama,” ujarnya.

Ia berharap, kasus kematian TKI ini tidak lagi terjadi pada masa mendatang. Sebab rata-rata, TKI merupakan tulang punggung keluarga di kampung halamannya. Selain itu, TKI juga merupakan pejuang devisa negara.

“Tahun lalu ada lima yang meninggal, semuanya TKI ilegal. Dan semoga, kasus meninggalnya TIKI ini menjadi yang terakhir,” paparnya.

Akhmad juga menjelaskan, pihaknya masih belum dapat memastikan status Bahrulla sebagai TKI legal maupun ilegal. Namun, sebagai pemerintah, pihaknya tetap berupaya memulangkan jenazah ke kampung halamannya untuk dikebumikan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan kecamatan untuk diteruskan krpada desa. Informasinya mobil siaga desa siap menjemput. Tapi insya Allah kami dampingi pemulangannya,” ujarnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  32 Jemaah Haji Probolinggo Pulang Nanti Malam

Baca Juga

Heboh Penemuan Mayat di Kali Regoyo Lumajang, Ternyata ini Faktanya

Lumajang,- Warga Desa Regoyo, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang dihebohkan dengan penemua mayat yang nyangkut dibebatuan …