GUDANG HANDAK: Gudang ikan asin di Kota Pasuruan yang kemudian dijadikan tempat peracikan bondet. (foto: Moh. Rois) 

Istri Korban Ledakan Bondet di Pasuruan Pernah Ditangkap Polisi atas Kepemilikan Handak

Pasuruan,- Istri H Husein Zakaria (49) pemilik gudang ikan asin sekaligus salah satu korban ledakan bom ikan di Kelurahan Ngemplakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan ternyata pernah ditangkap polisi atas kasus dugaan kepemilikan bahan peledak (handak).

Perempuan bernama Siti Maisyaroh (42) itu ditangkap Unit Reskrim Polsek Purworejo di rumahnya, Jl. Laks Martadinata XX, Kelurahan Ngemplak Rejo, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan pada Minggu tanggal 24 April 2022 lalu, sekitar pukul 01.15 WIB.

“Istri Husein ini disergap saat tengah meracik bubuk bahan peledak menjadi bom ikan,” kata Kapolsek Purworejo, Kompol Endy Purwanto.

Dijelaskan Endy, penangkapan tersebut berawal dari informasi dari masyarakat bahwa pelaku menjual dan membuat bom ikan jenis bondet.

Mendapatkan informasi tersebut, petugas langsung melakukan penyelidikan dan mendatangi rumah pelaku, yang terletak di kawasan kampung nelayan pesisir utara Kota Pasuruan.

Saat dilakukan penggeledahan di rumah pelaku, aparat kepolisian menemukan beberapa barang bukti bahan peledak, yang diduga digunakan untuk bondet.

Barang bukti bahan peledak itu berupa 3 bungkus plastik warna putih yg berisi serbuk bahan peledak masing-masing seberat 0,5 kilogram, 1 tong plastik.warna biru, 1 baki warna hijau dan 1 centong nasi warna hijau.

Kemudian juga ada 1 bungkus plastik ukuran 1 kilogram, 1 buah kerdus air mineral, 1 parang, 2 buah clurit, 5 buah plastik kresek, 1 gulung rafia warna putih dan 1 gulung rafia warna orange.

Polisi juga menemukan 1 kaleng rokok yang berisi satu paket alat hisap sabu dan 6 klip warna putih yang berisikan sisa diduga narkotika jenis sabu-sabu.

“Awalnya polisi mau menangkap Husein, namun Husein kabur dari rumahnya,” Endy menjelaskan.

Diketahui, hingga kini masih melakukan penyelidikan ledakan bom ikan yang terjadi di terjadi di gudang ikan asin, Kelurahan Ngempalakrejo, Kecamatan Panggungrejo, Minggu (20/2/2023) pagi.

Baca Juga  Lapuk, Atap Kelas SD Negeri di Lumajang Ambrol

Tim Gegana Penjinak Bom (Jibom) juga telah diterjunkan untuk menyisir gudang ikan asin dan tim inafis juga melakukan olah Tempat Perkara Perkara (TKP) sesaat pasca kejadian. (*) 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Jauh-jauh dari Blora, Pria ini Curi Motor di Probolinggo

Probolinggo,- RB (30) warga Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jateng harus berurusan dengan kepolisian karena disangka …