Kegiatan prkatik memberikan pertolongan pertama kepada warga yang terkena serangan henti jantung.

Meriahkan HPN, RSU Wonolangan Latih Wartawan

Probolinggo – Dalam rangka ikut memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Indonesia Healthcare Corporation (IHC) Rumah Sakit Umum (RSU) Wonolangan, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, memberikan pelatihan bantuan hidup dasar (BHD) kepada sejumlah wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Probolinggo Raya. BHD ini berguna dalam rangka memberikan pertolongan pertama bagi orang pingsan atau henti jantung.

Manajer Operasional RSU Wonolangan, dr. Alberty Shintia Sari mengatakan, sengaja melaksanakan kegiatan tersebut, selain untuk memperingati HPN, juga bentuk implementasi sinergi antara pelayanan kesehatan oleh rumah sakit dengan pelayanan pemberitaan yang dilakukan wartawan.

“Kami sengaja memilih materi pelatihannya BHD, karena meskipun ini wajib dikuasai oleh nakes di rumah sakit ini. Tapi kan tidak masalah jika orang di sekitar kita itu tahu,” katanya, Kamis (16/2/2023).

Ia juga meyakini, materi pelatihan ini tentu akan mampu membantu kepada wartawan yang notabene bekerja di lapangan.

Sehingga, semisal ketika melakukan peliputan menemukan warga yamg mengalami henti jantung, maka wartawan bisa memberikan pertolongan pertama sambil menunggu petugas kesehatan datang.

“Karena kegawatan tidak bisa memilih kapan akan terjadi, di mana akan terjadi, dan kepada siapa akan terjadi,” katanya.

Sementara itu, Ketua PWI Probolinggo Raya, HA. Suyuti mengucapkan, terima kasih kepada pihak RSU Wonolangan. Pihaknya mengaku, senang pihak tenaga kesehatan turut serta memeriahkan HPN.

“Terima kasih atas kesediananya mengundang teman-teman PWI dalam rangka memeriahkan HPN sekaligus memberikan pelatihan,” ujarnya.(*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Waspada PMK Ternak, Pemkab Pasuruan Terjunkan Timsus

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …