Pemkot Pasuruan Siapkan 150 Ribu Warga Ikuti Vaksinasi Massal

PASURUAN-PANTURA7.com, Satuan Tugas Penanganan dan Percepatan Covid-19 (Satgas) Kota Pasuruan meminta seluruh masyarakat untuk mendukung pemerintah dalam pelaksanaan program vaksinasi agar pandemi Covid-19 bisa cepat terkendali.

Humas Gugus Tugas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kota Pasuruan, Kokoh Ari Hidayat mengatakan, vaksin yang akan diberikan secara gratis oleh pemerintah telah melalui uji coba yang ketat dan aman.

“Jadi masyarakat tidak perlu takut divaksin karena demi keselamatan kita semua,” papar Kokoh kepada PANTURA7.com, Jumat (18/12/20).

Menurutnya, vaksinasi ini bertujuan untuk mencapai herd immunity (kekebalan kelompok, red) minimal 70% dari kelompok masyarakat. Dengan begitu, angka penyebaran virus korona akan semakin rendah.

Ditambahkan Kokoh, walaupun vaksinasi akan diberikan kepada masyarakat secara cuma-cuma, namun Pemerintah Kota Pasuruan sudah mempersiapkan anggaran apabila nanti dalam mekanisme vaksinasi massal dikenakan biaya.

“Pemkot sudah mempersiapkan anggaran melalui sharing pembiayaan antara pemerintah pusat dan daerah,” jelasnya Kokoh.

Adapun jumlah warga Kota Pasuruan yang akan divaksin, jelas Kokoh, adalah sekitar seratus lima puluh ribu orang dengan prioritas umur 18 sampai 59 tahun.

“Juga tidak ada penyakit penyerta dan juga bukan yang telah sembuh dari Covid-19,” pungkas dia.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan vaksin Covid-19 gratis untuk seluruh rakyat Indonesia. Presiden juga berjanji akan menjadi orang pertama yang disuntik untuk menjamin keamanan vaksin. (*)


Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Covid-19 Varian Baru Merebak, Wali Kota Minta Warganya tak Keluar Kota

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …