Rawan Tumbang, Pepohonan di Alun-alun Kraksaan Dipangkas

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Pepohonan di sisi timur alun-alun Kota Kraksaan, dipangkas oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo. Pemangkasan tersebut dilakukan guna memberikan keamanan bagi pengunjung alun-alun setempat.

Kepala DLH Kabupaten Probolinggo, Dwijoko Nurjayadi mengatakan, cabang dari pepohonan pertumbuhannya sudah melebar. Khawatir jika tidak dipangkas tumbang tiba-tiba, apalagi saat ini musim hujan dan kerap terjadi angin kencang.

“Ini langkah antisipasi, khawatirnya roboh dan di saat yang bersamaan di sekitarnya ada pengunjung yang tengah berteduh di bawah pohon,” kata Dwijoko, Jum’at (18/12/2020).

Selain itu, menurut Dwijoko, pemangkasan pohon itu juga dilakukan dalam rangka mempercantik suasana alun-alun. Pemangkasan pohon, dinilai bentuk dukungan terhadap proses revitalisasi alun-alun yang telah dilakukan sebelumnya.

“Juga untuk memperindah pemandangan, karena pohon ini kan dahan-dahannya sudah cukup lebar. Jadi kalau memang mau foto tidak bingung, karena sudah dipercantik semua sisinya. Apalagi di sana jadi tempat parkir sepeda motor,” terang dia.

Dengan pemangkasan tersebut, lanjut mantan Camat Maron ini, setiap pengunjung yang datang ke alun-alun nantinya tidak hanya keselamatan dirinya saja yang terjamin, melainkan kendaraannya juga.

“Sebagai antisipasi saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari apalagi alun-alun ramai pengunjung ketika sore hari, sedangkan cuaca ekstrim juga sering terjadi sore hari,” tutupnya. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  WAW, Cara Mengembangkan Kelestarian Hutan dan Satwa di Lereng Argopuro

Baca Juga

Bakal jadi Kantor Baru KPU, Eks-TPS Kraksaan Wetan Segera Dibongkar

Probolinggo,- Tumpukan sampah di lokasi eks-Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, …