BENCANA: Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Probolinggo saat menyedot genangan banjir di Kecamatan Dringu, beberapa waktu lalu. (foto: Ainul Jannah)

Hujan Deras Berdurasi Lama Berpotensi Sebabkan Bencana Hidrometeorologi Susulan, Apa itu?

Probolinggo,- Intensitas hujan yang tinggi dengan durasi lama belakangan ini kerap terjadi di wilayah Kabupaten Probolinggo. Kondisi ini disebut-sebut dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi susulan.

Bencana hidrometeorologi adalah suatu fenomena bencana alam yang disebabkan oleh faktor alam seperti banjir, tanah longsor, hingga angin puting beliung.

Menanggapi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo terus bersiaga dengan menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC). TRC disiapkan mulai dari pemetaan, mitigasi hingga saat bencana terjadi.

“Melihat intensitas hujan saat ini, tentunya patut untuk tetap bersiaga. Khususnya saat hujan deras dengan durasi yang cukup lama, diTRC sudah bersiaga,” kata Tenaga Teknis Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Kabupaten Probolinggo, Silvia Verdiana, Senin (13/2/23).

Silvia mengatakan, wilayah yang patut diwaspadai adalah wilayah yang sebelumnya sering terjadi bencana alam seperti, Kecamatan Tongas, Sumberasih, Leces, Dringu, Wonomerto dan Lumbang.

BPBD, sebutnya, juga memiliki beberapa relawan yang berada di masing-masing kecamatan untuk memantau dan memberikan informasi kepada TRC jika terjadi bencana alam .

Selain itu, agar penanganan bencana bisa dilakukan dengan cepat dan terkoordinir, BPBD menurut Silvia, aktif berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan desa.

“Percepatan penanganan kami lakukan setelah mendapatkan informasi. Oleh karena itu koordinasi dengan relawan, pemerintah kecamatan dan desa terus kami lakukan,” ujarnya.

“Segera hubungi Call Center kami jika terjadi bencana alam di 117 atau 08113514477 agar kami bisa segera merapat ke lokasi kejadian,” wanti Silvia. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Banjir Juga Lumpuhkan Jalur Penghubung Tiga Kecamatan

Baca Juga

Ada Dugaan Penambangan Ilegal, DLH Kab. Pasuruan Datangi Kawasan Pacuan Kuda Kejayan

Pasuruan,- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan bersama Satpol PP setempat melakukan pemeriksaan dugaan penambangan …