Petugas Damkar tunjuk lokasi yang terbakar.

STB Milik Warga Kanigaran Terbakar, Warga Diingatkan Waspada Saat Beli

Probolinggo – Set Top Box (STB) milik warga Perumahan Asabri, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo terbakar, Jumat petang (3/02/2023). Agar tak terjadi hal serupa, petugas pemadam kebakaran (damkar) mengimbau warga lebih teliti saat membeli dan menggunakan STB, termasuk sistem kelistrikannya.

Komandan Regu 3, Damkar Kota Probolinggo, Sukirno mengatakan, kejadian kebakaran yang terjadi di rumah Sutari ini terjadi sekitar pukul 17.41. Di mana percikan api muncul dari STB yang terpasang.

“Saat itu, anak dari pemilik rumah sedang menyaksikan TV, tiba-tiba muncul percikan api dari STB yang cepat membesar sehingga merembet ke TV tabung, dan meja,” ujarnya, Sabtu sore (4/02/2023).

Beruntung pemilik rumah kemudian melaporkan kejadian tersebut ke telepon darurat 112. Sehingga tak lama petugas pemadam kebakaran datang dan langsung memadamkan api. Api yang membakar TV, STB, dan meja segera dipadamkan.

Dari pemeriksaan sementara, awalnya api muncul dari STB yang diduga korslet sehingga membakar TV dan meja.

Agar kejadian serupa tak terjadi, petugas mengimbau kepada masyarakat jika ingin membeli STB pastikan yang berkualitas.

“Serta cabut stop kontak STB, serta TV jika tidak di gunakan, serta pastikan alat elektronik terhindar dari air,” imbuh Sukirno. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Laka Beruntun, Truk Sasak Dua Minibus dan Tabrak Pohon

Baca Juga

Magma Gunung Semeru Kian Mendidih, Terjadi 10 Kali Gempa Letusan dalam 6 Jam

Lumajang,- Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, hari ini Rabu (8/5/24), mengalami empat kali erupsi dan …