PUTING BELIUNG: Sebagian warga memperbaiki atap rumah pasca diterjang puting beliung. (foto: Asmadi)

Puting Beliung Terjang Pemukiman Warga di Lumajang, Puluhan Rumah Porak-poranda

Lumajang,- Angin puting beliung menghantam pemukiman warga Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang pada Jum’at sore (27/1/2023). Akibatnya sebanyak 29 rumah warga mengalami kerusakan.

Informasi warga setempat, Maslika, kejadian bermula sekitar pukul 14.30 WIB. Saat itu wilayah tersebut diterjang hujan disertai angin kencang. Dalam hitungan detik, angin kencang langsung menyapu rumah warga.

Genteng, asbes dan beberapa plafon rumah milik warga setempat pun beterbangan terbawa angin. Pasca kejadian, puluhan rumah warga didapati sudah rusak.

“Hujan sekitar jam setengah 3, angin juga lebat. Itu genteng saya berterbangan kena angin. Tapi untung masih selamat,” ujar Maslika.

Tak hanya merusak rumah warga, terjangan angin puting beliung ini juga merobohkan sejumlah pohon yang berada di pinggir jalan dan kebun warga.

Beruntung, pohon tumbang tidak ada yang menimpa rumah warga. Hanya saja beberapa kandang rusak akibat tertimpa pohon yang roboh.

Pasca musibah itu, sebagian warga langsung memperbaiki atap rumah yang tersapu oleh angin. Sebagiannya menunggu hingga cuaca benar-benar baik.

Sementara itu, Camat Padang, Jamak Nurwanto mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan TNI Polri dan BPBD untuk melakukan penanganan peristiwa tersebut.

Pihaknya meminta agar warga tetap waspada mengingat aliran listrik di kawasan itu mengalami pemadaman. Dugaan sementara, ada kabel listrik yang putus akibat tertimpa pohon tumbang.

“Saya minta warga tetap jaga-jaga dan menggunakan penerangan lampu tradisional karena listriknya padam,” katanya.

Kini pihaknya tengah menghitung jumlah kerugian atas musibah yang menimpa puluhan KK tersebut. “Kita telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk melakukan penanganan,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainullah FT

 

Baca Juga  Diawali Tumpahan Api Tambal Ban, Rumah di Kota Pasuruan Terbakar

Baca Juga

Heboh Penemuan Mayat di Kali Regoyo Lumajang, Ternyata ini Faktanya

Lumajang,- Warga Desa Regoyo, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang dihebohkan dengan penemua mayat yang nyangkut dibebatuan …