Warga Ramai Keluhkan Hilangnya Siaran TV

Probolinggo – Sejumlah warga Kabupaten Probolinggo mulai mengeluhkan siaran televisi analognya di media sosial facebook. Pasalnya, channel siaran dalam televisinya hilang, dan tak bisa menikmati tayangan televisi.

“Info yang bisa pasang STB (Set Top Box, Red.) di rumah lur. Karena TV saya di rumah sudah tidak ada gambarnya, benar-benar bersih tidak bersemut lagi,” tulis akun facebook Dewi Murtasiyah.

“Kabar berita bagi yang punya televisi tabung, segeralah tukar krupuk, karena gelombang semua bagian Jawa Timur sudah ditutup,” tulis akun lainnya dengan nama Pesang Gerahan.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Yulius Cristian mengatakan, penutupan siaran televisi analog ini memang merupakan keputusan dari pemerintah pusat. Selanjutnya, masyarakat diminta menggunakan STB untuk tetap bisa menikmati siaran televisi.

“Memang kebijakan pemerintah, jadi peralihan dari analog ke digital. Probolinggo sendiri untuk analog 20 Desember kemarin terakhir bisa dinikmati,” katanya, Rabu (21/12/2022).

Dalam proses peralihan ini, pemerintah juga menggandeng pihak ketika untuk memberikan bantuan STB kepada masyarakat Probolinggo. Namun, bantuan ini tidak diperuntukkan bagi semua warga, hanya sebagina warga yang berhak menerima bantuan ini.

“Data penerimanya itu dari Kementerian, dalam hal ini Kominfo, jadi bukan dari kami. Data itu kemudian diteruskan ke kami, kami meneruskan ke kecamatan, dan kecamatan meneruskan ke desa untuk diverifikasi. Biar tepat sasaran, karena penerimanya hanya warga miskin,” paparnya.

Verifikasi penerima bantuan STB ini memang penting untuk dilakukan. Selain untuk memastikan penerimanya warga miskin, juga untuk memastikan penerima juga memiliki televisi.

“Khawatir nanti ada yang terdata sebagai penerima, tapi tidak memiliki televisi, kan ini fungsinya verifikasi. Setelah verifikasi, data itu kemudian dikembalikan ke kementerian, setelah itu baru bantuannya yang berasal dari pihak ketiga,” ujarnya.

Baca Juga  Korban Elpiji 'Ngowos' di Rembang Pasuruan Dapat Santunan

Yulius juga menyebut, sejauh ini pihak ketiga yang sudah memberikan bantuan STB ke warga Kabupaten Probolinggo baru dari pihak Trans Media. Sedangkan dari perusahaan televisi lainnya masih belum ada.

“Sudah ada yang tersalurkan bantuannya, namun baru di Kecamatan Dringu dan Pajarakan,” terangnya. (*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Truk Vs Truk Tabrakan di Jalur Pantura Bangil, Sopir Kritis

Pasuruan,- Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur pantura Raci, tepatnya di depan Pengadilan Agama (PA) …