GANDENG MEDIA: Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Aliwafa, saat sharing bersama wartawan dalam Media Gathering. (foto: Ali Ya'lu).

Hoaks Picu Kerawanan Pemilu, ini Langkah KPU Probolinggo

Kraksaan,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolingggo menggelar Media Gathering di salah satu rumah makan di wilayah Kraksaan, Senin (19/12/22). Sejumlah jurnalis dari berbagai media, hadir dalam kegiatan itu.

Dalam acara tersebut, tiga komisioner KPU Kabupaten Probolinggo turut hadir. Yakni, Aliwafa, Agus Hariyanto Andinata, dan Cung Ali Samsuri. Sedangkan dari kelompok jurnalis, turut hadir Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Probolinggo Raya, Ahmad Suyuti.

“Tahun 2023 nanti, tentu akan semakin banyak pemberitaan-pemberitaan mengenai pemilu, termasuk hoaksnya. Oleh karena itu, kami berharap rekan-rekan jurnalis dapat memberikan informasi yang ril, sehingga masyarakat tidak mudah termakan informasi hoaks,” kata Aliwafa.

Ia menyadari, saat ini tak hanya jurnalis yang dapat memberikan informasi kepada publik. Sebab, masifnya penggunaan media sosial, justru dimanfaatkan oleh sejumlah orang untuk memberikan informasi-informasi hoaks.

“Salah satu pilar demokrasi adalah media. Makanya kami berharap pemberitaan dari rekan-rekan jurnalis dapat mendidik para pemilih kita. Ayo perangi hoaks nlbersama-sama,” ujarnya.

Ketua PWI Kabupaten Probolinggo, Ahmad Suyuti menyampaikan, saat ini memang distribusi informasi via media sosial, tidak bisa dibendung. Namun menurutnya, yang paling layak untuk dijadikan acuan sebagai informasi yang benar, adalah pemberitaan pers.

“Karena ada berita pers dan non pers. Kalau berita pers kan jelas, perusahaan medianya sudah ada SK Kemenkumham, termasuk juga akta perusahaannya. Kalau berita dari pers, tentu sudah sesuai dengan kode etik jurnalistik,” papar Suyuti. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Hari Tenang Pertama, Bawaslu Panen APK-BK

Baca Juga

Akhirnya, Bawaslu Kota Probolinggo Segera Miliki Kantor Tetap

Probolinggo,- Sampai saat ini Badan pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Probolinggo belum memiliki kantor tetap. Namun, …