Menu

Mode Gelap
Partai Gerindra Tunjuk Rusdi Sutejo jadi Bacabup di Pilkada Pasuruan Korban Pembacokan di Tongas Bantah Goda Istri Pelaku SD Negeri di Lumajang Kekurangan Murid, Kok Bisa? KPU Gunakan PKPU 8 Tahun 2024 untuk Pilkada Kabupaten Probolinggo Stok Menipis, Harga Cabai Rawit di Kota Probolinggo Tembus Rp100 Ribu Kapok! Dua Spesialis Maling Pikap di Pasuruan Diringkus Polisi

Politik · 6 Sep 2023 19:17 WIB

Belum Ada Tahapan Pemilukada, Dana Hibah Bawaslu Belum Cair


					Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo. (foto: dok) Perbesar

Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo. (foto: dok)

Probolinggo,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo mendapat dana hibah Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2024 sebesar Rp11,5 miliar. Namun, sejauh ini anggaran tersebut belum dikucurkan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo, Yonki Hendriyanto mengatakan, sejatinya pihaknya sudah ditawari untuk melakukan pencairan agar bisa melakukan sosialisasi. Namun, hal tersebut masih belum bisa dilakukan.

“Sebetulnya sudah ditawari, jika mau digunakan untuk sosialisasi sebesar 40 persen. Namun kami belum ada tahapan,” kata Yonki, Rabu (6/9/2023).

Ia menjelaskan, dana hibah sebesar Rp11,5 miliar tersebut jumlahnya turun dari anggaran yang diusulkan bawaslu. Untuk gelaran Pemilukada, bawaslu mengajukan anggaran Rp27 miliar.

“Meski begitu, dibanding pada pilkada sebelumnya, jumlah yang sekarang ini mengalami peningkatan sekitar Rp1 miliar,” ujarnya.

Sejatinya, adanya penurunan anggaran dibanding pengajuan itu dirasa tidak cukup oleh Bawaslu. Sehingga, perlu adanya pemangkasan anggaran bagi pengadaan atau kegiatan yang dirasa tidak urgen.

Sebagai informasi, untuk dana hibah Pemilukada 2024, bukan hanya Bawaslu yang anggarannya lebih kecil dari pengajuan. KPU Kabupaten Probolinggo juga mengalami hal yang sama. Dari angka Rp93 miliar yang diajukan KPU, disetujui Rp60 miliar.

“Yang kami ajukan awal itu masih terhitung dengan dana Covid-19. Dan berhubung Covid-19 kini sudah selesai, jadi biasalah ada pengurangan dari yang kami ajukan,” kata Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Lukman Hakim. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Reporter

Baca Lainnya

Partai Gerindra Tunjuk Rusdi Sutejo jadi Bacabup di Pilkada Pasuruan

23 Juli 2024 - 22:51 WIB

KPU Gunakan PKPU 8 Tahun 2024 untuk Pilkada Kabupaten Probolinggo

23 Juli 2024 - 20:13 WIB

Jalan Sehat di Krejengan, Gus Haris – Ra Fahmi Ajak Warga Biasakan Pola Hidup Sehat

21 Juli 2024 - 11:46 WIB

Cak Thoriq Godok 3 Nama Bacawabup, Siapa Saja?

19 Juli 2024 - 21:08 WIB

Melihat Kembali Kebersamaan Cak Thoriq – Bunda Indah; Dulu Bak Menara Kembar, Kini Hambar

19 Juli 2024 - 14:18 WIB

Trending di Politik