Jelang Nataru, DKUPP Siapkan 1.0000 Ton Gabah

Probolinggo,-Jelang peringatan natal dan tahun baru (Nataru) Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perinduatrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo terus menjaga stabillitas harga pangan. Bahkan, untuk beras, diyakini tidak akan mengalami lonjakan yang berarti, sebab stoknya dijamin akan mencukupi.

Kepala DKUPP setempat Anung Hermanuadi mengatakan, dari beberapa waktu terakhir pihaknya memang mempersiapkan cara untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga pangan, terutama beras. Salah satunya dengan tetap menjaga ketersediaan bahan.

“Di SRG (Sistem Resi Gudang, Red.) Alassumur itu, gabahnya ada 1.000 ton dan berasnya 200 ton,” katanya, Minggu (18/12/2022).

Anung mengungkap, pihaknya memang sengaja menahan gabah dan beras tersebut di gudang SRG yang berada di Desa Alassumur Kulon, Kecamatan Kraksaan. Sehingga, ketika terdapat daerah yang membutuhkan beras, pihaknya bisa langsung melakukan pendistribusian ke pasar-pasar terdekat.

“Jadi fungsi SRG ini juga hampir sama dengan Bulog (Badan Urusan Logistik, Red.), menahan barang ketika di pasaran masih stabil, dan mendiatribusi ketika ada kekurangan. Sehingga stok dan harga tetap stabil,” paparnya.

Dengan fungsi SRG itu, ia menyebut para petani dapat menyimpan hasil panennya di gudang tersebut ketika terjadi panen raya atau ketika harga beras cenderung turun. Nantinya, petani bisa melepas hasil gabahnya ketika harga sudah kembali normal.

“Fungsinya juga untuk tanda jual. Ketika panen raya, biar petani tidak menjual dengan harga murah, bisa menyimpan di SRG, nanti ketika harga sudah naik, mereka bisa melepasnya. Dan kondisinya saat ini di SRG siap untuk menampung dari petani,” ujarnya.

Sebagai informasi, di pasaran saat ini harga beras berkisar antara Rp 10-11 ribu per kilogramnya. Rp 11 ribu untuk kategori beras premium dan Rp 10 ribu untuk beras medium.

Baca Juga  Idul Fitri tak Bareng, Kemenag dan MUI Imbau Warga Saling Menghormati

“Dengan stok yang ada, kami siap menyambut Nataru,” ucapnya.(*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …