Imbas Corona, Kunjungan Wisatawan di Kota Probolingo Turun Hampir 70 Persen

MAYANGAN-PANTURA7.com, Fenomena Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) membuat Pemerintah Kota Probolinggo melalui Dinas Kesehatan bersama Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) mengeluarkan leaflet atau selebaran informasi tentang PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat).

Leaflet itu berisi himbauan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap Virus Corona, yang ditujukan kepada pemilik hotel dan rumah singgah. Selain itu, leaflet ditujukan kepada para tamu hotel dan rumah singgah.

“Kami berharap para pemilik hotel maupun rumah singgah dapat menerapkan upaya deteksi, pencegahan, respon dan antisipasi munculnya kasus Covid-19 di Kota Probolinggo,” kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Probolinggo, dr. NH Hidayati, Rabu (18/3/2020).

Ia menambahkan, kebiasaan mencuci tangan terutama setelah batuk atau bersin, sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, sebelum makan, setelah menggunakan toilet dan setelah merawat binatang, bisa dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun serta bilas kurang lebih 20 detik. Jika tidak tersedia air dapat menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80 persen,’’ terangnya.

Sementara, Kabid Promosi Wisata Dispopar Kota Probolinggo, Suciati Ningsih menyebut, leaflet itu sebagai bentuk pengawasan dan upaya pemantauan masuknya wisatawan asing dan nusantara yang datang ke Kota Probolinggo.

“Sehingga diketahui darimana mereka berasal dan riwayat perjalanannya sebelum sampai di Kota Probolinggo. Sekaligus memberikan sosialisasi pencegahan Covid 19 secara dini dengan PHBS,” terang dia.

Menurut Suci, wabah virus corona ini memberikan dampak buruk bagi sektor pariwisata di Kota Probolinggo. Sebab, jelasnya, jumlah kunjungan wisatawan sejak awal tahun hingga pertengahan Maret 2020, menurun hingga hampir 70 persen.

“Destinasi wisata milik pemerintah sudah kita tutup, terakhir kemarin museum ditutup. Ini menyusul kolam renang dan pemakaian GOR (Gedung Olah Raga, red),” tukasnya. (*)

Baca Juga  Sejumlah Pejabat dan Kapolsek Polres Probolinggo Kota Dimutasi


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …