Di Warung Ini Makan Rawon dan Minum Hanya Bayar Rp2 Ribu

Pasuruan, – Sebuah warung di Jalan Hasanuddin Gang 11, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan menjual rawon hanya seharga Rp2 ribu per porsi. Warung rawon super murah ini hanya dibuka setiap hari Jumat hingga Minggu.

Meskipun harganya murah, namun gurihnya kuah rawon warung ini tidak kalah dengan rawon yang lain. Lauknya pun cukup lengkap, ada irisan tahu, tempe, empal daging sapi, hingga krupuk. Bahkan air minum kemasannya juga diberikan cuma-cuma dan sudah jadi satu paket ketika memesan rawon.

Churin’in (43), pemilik warung mengatakan, ide awal menjual kuliner dengan harga murah ini karena ingin beramal. Menurutnya menu rawon hanya untuk hari Jumat. Sementara, untuk hari Sabtu dan Minggu, menu makanan di warungnya adalah masakan tradional khas Jawa lainnya.

Syaratnya pelanggan harus makan di tempat. Pembeli harus makan di teras-teras rumah warga, berbaur dan bercengkerama dengan penduduk sekitar.

Selain itu sistem pembayarannya pun unik, para pembeli harus membayar dengan uang pas karena tidak disediakan uang kembalian.

“Saya jual harganya Rp2 ribu. Bayarnya harus yang pas, saya pokoknya tidak nerima kembalian, kalau mau ngasih lebih silahkan. Tujuan kami hanya berbagi. Tidak ada tujuan lain,” kata Churin’in, Sabtu (17/12/2022).

Dijelaskan Churin’in, warung ini buka mulai pukul 18.30 sampai 12.00 WIB. Sekali berjualan rawon, ia harus menyediakan hingga 15 kilogram (kg) beras, 3,5 kg daging sapi, 4 papan tempe ukuran besar 40 ribu, dan 3 kresek besar tahu.

“Setiap jualan selalu habis, kalau dihitung-hitung bisa sampai 300 porsi,” jelasnya.

Sejauh ini, menurut Churin’in, respon dari masyarakat terbilang positif. Bahkan beberapa kalangan datang ke rumahnya untuk menyumbang bahan-bahan makanan dan minuman.

Baca Juga  Hasil Panen Surplus, Kementan Stop Impor

“Alhamdulillah semenjak warung ini viral, kadang-kadang ada yang naruh beras, krupuk, tahu, tempe, sayur-sayuran dan ada juga yang nyumbang air mineral,” pungkasnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …