Jembatan Kaca di Bromo Segera Diresmikan Akhir Tahun 2022

Probolinggo – Wisata Gunung Bromo sebentar lagi akan memiliki destinasi baru yakni, jembatan kaca, yang berada di Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura. Jembatan kaca yang di bangun mulai September 2021 ini akan diresmikan akhir tahun 2022 ini.

Jembatan kaca ini memiliki panjang 120 meter dan lebar 1,8 meter dengan struktur suspended cable. Selain itu, jembatan kaca ini dibangun membentang di atas jurang dengan kedalaman 80 meter. Kekuatan kaca didesain sesuai standard nasional.

“Pembangunan jembatan kaca ini telah rampung 100%, namun sarana dan prasarana penunjang seperti terminal wisata dan shuttle area masih dalam proses pengerjaan,” ujar Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko, Rabu (7/12/2022).

Selain itu, komponen kaca yang digunakan akan melalui preliminary testing di laboratorium hingga uji beban untuk memverifikasi desain sebelum dioperasikan.

Untuk struktur lantai atau deck jembatan gantung berupa kaca pengaman berlapis (laminated glass) yang terdiri dari dua lembar kaca atau lebih. Kaca direkatkan satu sama lain hingga beberapa lapisan laminasi atau interlayer dengan total 22,55 milimeter.

Struktur jembatan sendiri dilengkapi double protection steel berupa baja galvanis yang di lapisi cat epoxy agar lebih tahan terhadap karat. Dan jembatan ini nantinya dapat menampung 100 orang sekaligus.

Dengan telah selesainya pembangunan jembatan kaca pertama di Indonesia ini, Presiden RI, Joko Widodo dapat meresmikan langsung jembatan ini.

“Dengan adanya jembatan kaca yang menjadi ikon wisata baru, diharapkan perekonomian warga sekitar semakin menggeliat,” imbuh Timbul. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Masih Pandemi, Yadnya Kasada Bromo Kembali Ditutup untuk Wisatawan

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …